STEP BY STEP..BRUSCHETA


Ini tulisan iseng. kenapa? yah karena sudah terlanjut motret masak ga ditampilin di blog..hehe. Alhasil ini foto yang harusnya bisa masuk di tulisan sebelumnya maksa untuk buat judul baru aja…alasan..males ngedit 🙂 Ini foto2 langkah pembuatan bruscheta, saya yakin tanpa tulisan inipun para pembaca tau apa yang harus dilakukan, tapi kembali lagi karena lagi iseng, monggo dinikmati saja gambarnya.

Pertama: iris roti perancis, mengirisnya miring ya, biar permukaan bruschetanya lebih luas. Setelah diiris beri adonan daging dan wortel..seperti gambar di bawah iniIMG_20141028_044840

Kedua, iris tipis keju mozarella, kalo nggak ada pake keju yang quick melt aja. Letakkan keju di atas daging

IMG_20141028_050104

Ketiga, oven selama 10 menit dengan panas 180 derajat

IMG_20141028_050150

Selanjutnya, hidangkan selagi hangat. Bisa dihidangkan dengan sambal atau saus botolan

IMG_20141028_052435

Selamat mencoba

Iklan

STEP BY STEP..SUSHI ROLL


Anakku lagi seneng2nya makan sushi..nah  karena anak2 doyan banget aku belajar membuat sushi..makanya sampe sekarang masih suka bikin sushi terutama buat bekal anakku sekolah..

Cara membuat sushi adalah sebagai berikut:

Bahan: Nasi untuk sushi, nori, bahan isi (salmon, tuna, dll), timun, alpukat (sesuai selera), pelengkapnya mayonaise, saus tomat/sambal,  kikkoman (kecap asin), dan wasabi (jika suka)

1. Siapkan dulu nasi untuk sushinya, kalo tidak menggunakan beras jepang, kita bisa membuat nasi sushi dengan mencampur beras biasa dengan beras ketan dengan perbandingan 10 : 1, 10  bagian beras biasa dan 1 bagian beras ketan, dimasak seperti kita menanak nasi biasa. Setelah nasi matang kita ambil sebagian untuk kita beri cuka beras, gula putih dan garam..maaf lupa difoto 🙂 Baca lebih lanjut

RAMADHAN 2013..HARI KE-2


Hari ini, request anak-anak beda. Nofal minta ayam asam manis, sabrina minta asem-asem daging dan buncis. Untuk pembuka takjil kebetulan tadi di tukang sayur ada cincau. Nofal sudah berencana membuat es batman..hehe..idenya dari dia sendiri, aku cuman ngikutin.

Untuk resep asem-asem daging sudah pernah tak post di sini. Nah asem-asem dagingnya bisa aku masak pagi sebelum ngantor, karena kalo asem-asem kan semakin lama semakin meresap bumbunya. Sore pulang kantor tinggal ngangetin.

Yang akan tak share kali ini adalah step by step membuat ayam asam manis atau kadang disebut ayam kuluyuk. Cekidot ya J

Pertama, cuci bersih daging dada ayam, kemudian iris2 tipis agak memanjang. Selanjutnya lumuri dengan saus tiram. Biarkan kira-kira 15 menit.

Baca lebih lanjut

STEP BY STEP..KUE NASTAR


Mumpung liburan..bikin kue kering yuk..sebentar lagi juga lebaran..siapa tahu resepnya bisa buat yang mau bikin kue lebaran sendiri.. Resep ini seperti biasa aku ambil dari buku kitab masakan ku..memang lengkap tuh buku..promosi..:)

Siapkan bahan-bahannya dulu ya

  • Tepung terigu 500 gr
  • Gula halus 150 gr
  • Kuning telur 2 butir
  • Mentega 300 gr (room butter)
  • Margarin 200 gr
  • Susu bubuk 2 sm
  • Selai nanas untuk isi (aku pake yang udah jadi khusus buat nastar)
  • Keju parut untuk taburan
  • Kuning telur untuk olesan

Nah sekarang mari kita mulai membuat Baca lebih lanjut

STEP BY STEP..TOFU EGG ROLL


Masih ingat resep chicken egg roll? Kali ini bahan ayam saya ganti dengan tahu. Rasanya?? Menurut nofal sih sama-sama enak.. hehe..maklum dia hanya hanya kenal kata enak dan enak sekali.. 😀 Bahan dan cara membuatnya seperti di bawah ini: Bahan isi: Tahu, bawang putih cincang, garam, merica halus, dan gula Haluskan dan tambahkan 1 sm tepung maizena seperti di bawah ini Baca lebih lanjut

STEP BY STEP..ORAK-ARIK TEMPE KACANG


Satu lagi resep yang gampang banget, dan tidak perlu waktu lama untuk membuatnya, gak sampe 30 menit udah siap, dengan catatan gak ke pasar dulu beli bahan… 😀 Sudah pernah tak uplot sebelumnya sih, tapi yang ini sekalian dengan step by stepnya, untuk memudahkan mereka yang baru belajar masak seperti saya.. selamat mencoba J

Siapkan bumbu, bawang putih, cabe rawit, gula putih, garam dan terasi Baca lebih lanjut

STEP BY STEP..BUMBU RUJAK MANIS


Karena saya adalah penggemar berat rujak manis, maka hampir selalu menyimpan bahan untuk bumbu rujak sehingga kalo sewaktu-waktu pingin rujak tinggal beli buah.. J Bumbu yang biasa saya buat adalah bumbu uleg, artinya bumbu-bumbu yang terdiri atas gula jawa, asam/belimbing wuluh, terasi, cabe, dan garam kita uleg jadi satu. Untuk bumbu uleg ini biasanya untuk sekali makan, bikinnya gak terlalu banyak. Ada lagi bumbu yang direbus dulu bahan-bahannya, mirip orang jualan. Saya punya langganan rujak manis yang enak yaitu rujak manis pak sam, jualnya di jalan borobudur, blimbing, kota malang. Rujak pak sam ini gak kalah dengan rujak di jalan ananas dan rujak semeru dan sudah punya langganan fanatik. Kalo saya pribadi sih lebih seneng rujak pak sam, disamping lebih dekat rumah, harganya gak terlalu mahal, seporsi Rp7.000,00, juga menurut saya bumbunya mantep, bawang gorengnya banyak. Nah resep yang saya buat ini sebenernya “bumbu pak sam wanna be” tapi versi saya gak pake petis.. ya beda-beda tipislah..J

Masukkan gula merah, cabe rawit yang diiris-iris, asam jawa, dan garam ke dalam panci Baca lebih lanjut

STEP BY STEP..SAMBAL IRIS


Makan gudeg kalo gak pake sambal, kok rasanya kurang mantep ya. Tapi mau bikin sambal bajak kok males banget nguleg2. Kebetulan suami tiba-tiba inget dulu pas dia masih belum nikah, ibu mertua pernah bikin sambel yang menurut dia Cuma diiris-iris, tapi pedes banget, mirip sambel bajak. Akhirnya nelpon ibu mertua, ternyata gampang banget bikinnya, diiris-iris, dan bagi yang gak suka terasi, sambel ini cocok karena gak pake terasi..Aku share di sini yaa..

Bahan

Cabe rawit, Tomat, Bawang Merah, Bawang putih semua diiris-iris tipis. Ditambah Cabe merah juga bisa kalo gak pingin terlalu pedes. Karena kebetulan suami suami suka pedes, saya gak pake..

Tumis, sampai harum, tambahkan gula merah, garam, dan kecap sedikit

Jadinya seperti ini, sambel ini awet, kalo gak habis bisa kita panasin lagi..

Selamat mencoba