BELUT SAMBEL KEMANGI


Aku tuh jarang masak belut, walaupun sebenernya doyan banget. Nah minggu kemaren ada bapak2 ke rumah nawarin belut katanya sudah dibersihkan dan sudah dipotong2. Akhirnya aku pesen sekilo, ternyata sabrina doyan pas tak goreng tepung. Nofal juga suka, tapi tak tambahin sambel kemangi. Nah bahan sambelnya sama dengan yang di resep ini
Nah kalo belutnya setelah dipotong2 dicuci dan diberi jeruk nipis. Setelah itu dicuci lagi kemudian ditiriskan dan dilumuri tepung bumbu. Goreng hingga matang dan dihidangkan dengan sambelnya tadi.
IMG_20150329_195011

NUGGET UDANG DAN WORTEL


Hari minggu seperti biasa adalah hari dimana aku harus menyiapkan menu buat bekal hari senin dst. Di tukang sayur kebetulan ada udang besar-besar yang kayaknya cocok buat nugget. Walaupun tepung panirku tinggal dikit, nekad tetep bikin. Alhasil nuggetku gak sempat dibalur tepung panir :( Tapi pagi tadi anak-anak bilang enak juga tuh walaupun tanpa panir.
IMG_20150323_050233
Bahan:
– udang 250 gr dikupas dan dibersihkan
– air 100 ml
– wortel 1 buah diiris kotak kecil-kecil
– tepung terigu 5 sm
– tepung roti 2 sm
– bawang putih 2 siung
– garam 1 st
– merica 1/2 st
– gula 1/2 st
– telur 2 butir
Cara membuat:
– blender udang bersama air dan bumbu-bumbu
– campur adonan dengan wortel, tepung terigu, tepung roti dan telur
– tuang ke dalam cetakan yang sudah diolesi mentega
– kukus selama 25 menit
IMG_20150323_045803
– potong – potong kotak
IMG_20150323_045749
– bisa langsung digoreng, bisa juga dimasukkan telur kemudian gulingkan dalam tepung roti dan disimpan. Sewaktu butuh tinggal goreng
– Hidangkan dengan sayur bening oyong atau pake sambel botol

PUDDING ROTI PANGGANG


Biasanya aku membuat pudding roti dengan cara dikukus, kali ini aku coba membuat dengan cara dipanggang di oven. Untuk taburannya aku kasih kismis, kemaren dapet oleh2 kismis waktu berkunjung ke mantan guru smp ku yang pulang umroh. Rasanya lebih keset dibandingkan kalo dikukus..kalo cara buatnya sih sama gampangnya:
IMG_20150321_072732
Bahan:
– roti tawar 1 bungkus (kemaren aku pake yang masih ada kulitnya)
– mentega
– susu cair 500 ml
– gula 5 sm
– telor 3 butir
– kismis/ kurma secukupnya
Cara membuat:
– olesi roti dengan mentega, tangkupkan kemudian potong jadi 4
– tata roti di dalam pinggan yang sudah diolesi mentega
– kocok susu, gula, dan telur (nggak perlu dimikser)
– siram di atas roti
– biarkan sebentar agar susu meresap
– taburi kismis
– panggang selama 50 menit dengan suhu 180 derajat celcius
– siap dihidangkan
IMG_20150321_073536
Kalo yang kurma jadinya kayak gini
IMG_20150322_145617
Sama-sama enak kok :)

NUGGET JAMUR


Anak-anakku suka banget nugget, nugget apa aja, yang paling sering sih nugget ayam, tapi sekarang aku mbatesi mereka makan ayam..terutama ayam broiler :) Itulah kenapa aku sekarang jarak masak ayam. Beberapa hari yang lalu aku nemu resep nugget yang bahan dasarnya bukan ayam tapi jamur tiram.Jadilah pagi-pagi tadi setelah mbikin lasagna, aku sempatkan bikin nugget jamur tiram ini. Cepet kok bikinnya, kebetulan kemaren jamur tiramnya sudah tak rebus dan tiriskan.
IMG_20150317_071627
Bahan:
– Jamur tiram 250 gr, batangnya dipotong, ambil bagian yang empuk saja kemudian direbus dan ditiriskan
– air 100 ml
– bawang putih 3 butir
– garam
– gula
– merica
– terigu 5 sm
– telur 2 butir
Untuk balutan luar: putih telur dan tepung roti
Cara membuat
– Blender jamur, bawang, garam, gula, merica, air
– Campur dengan terigu dan telur
– Kukus adonan selama 25 menit
– potong- potong adonan dan celupkan ke putih telur dan selanjutnya gulingkan ke tepung roti
– Goreng sampai kuning kecoklatan
– Yang belum sempat digoreng bisa disimpan di freezer
IMG_20150317_071649

BUBUR MENADO


Beberapa hari yang lalu aku nonton acara tv yang bercerita tentang orang jualan bubur menado dan laris banget. Aku sendiri belum pernah makan..tapi melihat penampakannya dan membayangkan rasany pasti enak. Jadilah pagi ini..mumpung hari minggu aku nyoba masak. Alhamdulilah rasanya enak..anak-anak sih lebih suka bubur ayam, tapi kalo aku lebih suka ini karena banyak sayurnya.
IMG_20150315_065910
Berikut ini bahan dan cara membuatnya:
Bahan:
– beras 150 gram, cuci bersih
– jagung manis 2 buah, sisir
– singkong (karena gak nemu ubi jalar dan labu kuning :( ) 200 gram, potong kecil
– daun bayam 1 ikat
– daun kangkung 1 ikat
– daun kemangi 20 helai
– daun bawang 1 batang, iris kasar
– daun salam 2 buah
– garam 2 sendok teh
– gula pasir 1 sendok teh
– kaldu bubuk 1/2 bungkus
– air 3 liter

Cara Membuat
– Masak air hingga mendidih
– masukan beras, daun salam, dan daun sereh
– setengah masak lalu tambahkan jagung dan singkong
– Masak sampai empuk
– Tambahkan kangkung, daun bayam, daun bawang dan daun kemangi lalu masak sampai layu
– Tambahkan kaldu, garam dan gula pasir
– Aduk sampai rata dan angkat apabila sudah matang
IMG_20150315_070005

BAKWAN MAKARONI KEJU


Masih dari bahan yang sama..keju dan makaroni :) pagi ini aku membuat bakwan makaroni keju. Niat awalnya sih mau buat bola-bola makaroni keju, tapi karena terlalu encer akhirnya jadi bakwan :D Yah apapun namanya, yang penting sarapan dan bekal untuk anak-anak hari ini lancar.
Penampakan bakwannya ini ..
IMG_20150313_052807
Bahan:
– Makaroni pipa direbus sampai empuk, tiriskan
– Daging cincang 1 sm
– Tepung terigu 5 sm
– keju parut 50 gr
– Telur 2 butir
– susu 125 cc
– Bawang putih, garam, merica, dan gula untuk bumbunya
Cara membuat:
– Campur tepung terigu, keju dan susu
– Tumis bawang putih yang sudah dicincang sampai harum
– Masukkan daging giling, masukkan bumbu yang lain yaitu garam, gula, dan merica, jika sudah matang sisihkan.
– Campur semuanya, daging yang sudah ditumis, campuran tepung, makaroni, dan telur, aduk rata
– Goreng sesendok demi sesendok sampai kuning kecoklatan
– Hidangkan dengan sambal botol
IMG_20150313_052800

ABON BASAH IKAN TUNA


Masakan ini berawal dari sisa ikan tuna yang nggak sempat diolah. Awalnya biar awet ikan tuna sudah tak kukus tapi belum tahu mau dibuat apa. Iseng-iseng nyari resep di internet, nemu resep abon ikan tuna, tapi yang ini gak sampai kering makanya aku namakan abon basah, bumbunya abon tapi basah nggak kering :)
DSC_0759
Bahan:
– Ikan tuna 500 gr dikukus kemudian di suwir-suwir
– 2 lembar daun salam
– 3 lembar daun jeruk
– 1 buah sere digeprak
– Laos 3 cm digeprak
– Santan kental 300 ml
– Gula merah
– Garam
– 1 sm minyak goreng untuk menumis bumbu
Bumbu halus:
– 5 butir bawang merah
– 5 Butir bawang putih
– 1 buah Cabe merah besar (kalao mau pedes tambahin cabe rawit)
– Ketumbar 1 st
– Kemiri 2 butir
– 1 cm jahe
– 1 cm kunyit
Cara membuat:
– tumis bumbu halus sampai harum
– masukkan bumbu lain
– Masukkan ikan tuna yang sudah disuwir
– Tambahkan santan
– Tambahkan garam, gula merah
– masak sampai air menyusut dan setengah kering
– kalo mau kering banget bisa, tapi saya bikinnya kebetulan suka yang kayak gini :)
DSC_0762

MAKARONI PANGGANG DAN DAGING ASAP


Buat yang suka makaroni schotel, ini ada resep yang mirip tapi cara bikinnya lebih cepet dan nggak ribet. Resep ini aku dapat dari buku resep aneka masakan belanda. Tak share di sini yaa
DSC_0772
DSC_0771
Bahan:
– Makaroni 200 gram, direbus dan ditiriskan
– Keju parut 150 gram
– Daging asap 4 lembar iris tipis-tipis
– Telur ayam 4 butir
– Susu cair 200 ml
– Garam 1 st
– Gula 2 st
– Merica halus 1/2 st
– Lada halus 1/2 st
– mentega sedikit untuk olesan
Cara membuat:
– Kocok telur bersama susu dan bumbu-bumbu, sisihkan
– Olesi pinggan tahan panas dengan mentega
– Tuang setengah makaroni yang sudah direbus ke pinggan
– Taburi setengah bagian daging asap dan keju parut
– Tuang 1/4 bagian makaroni lagi
– Taburi sisa daging asap dan keju parut
– Kemudian tuang sisa makaroni
– Terakhir tuang adonan telur yang sudah dikocok tadi
– Panggang dalam oven dengan suhu 160 derajat selama 45 menit
– Dihidangkan hangat bersama saus atau sambal botol
DSC_0768

KENTANG KEJU PANGGANG


Mumpung masih ada sisa kentang 2 biji, nyoba tak buat kentang keju panggang. Kejunya pake keju mozarella, kemaren kebetulan beli keju mozarella sekilo, anak2 udah bolak balik minta dibuatin lasagna. Besok ya anak2..hari ini kita makan ini dulu :)
kentang2
Bahan:
– Kentang cuci bersih
– Keju mozarela parut
– mentega 1 sm
– garam 1/2 st
– merica bubuk 1/2 st
Cara membuat:
– kukus kentang sampai empuk
– Kerok bagian atas kentang, haluskan dan campur dengan mentega, merica halus, garam, dan keju
– Masukkan campuran kentang ke dalam kentang lagi
– Taburi atas dengan keju mozarella
– Oven sebentar sampai keju meleleh
– Siap dihidangkan
kentang
Ini tadi ovennya kepanasan, jadi agak gosong :(, tapi gak papa, tetep enak kata anak-anak :)

ES SIRSAK LECI


Sekarang ini di Malang lagi musim alpukat dan sirsak. Beberapa waktu lalu aku sempat beli sirsak, karena belum mateng akhirnya tuh sirsak tak letakkan di dapur, sambil sesekali diciprati air, biar cepet mateng. Nah kemaren, sebelum berangkat kuliah aku sempatin buat es sirsak, dan karena aku punya sekaleng leci, maka keduanya aku kombinasikan, dan jadilah es sirsak leci. Rasanya lebih enak dibandingkan es menado yang dominan rasa sirsaknya…setidaknya menurut suamiku :) ini gambar jadinya, bahan dan cara membuatnya..so simple..cekidot ya
DSC_0741
Bahan:
– Buah sirsak yang sudah diambil bijinya
– Gula putih
– Es batu/air matang
– Buah Leci kaleng
Cara membuat:
– Blender sirsak bersama gula dan air matang/ es batu
– Setelah halus campur dengan leci kaleng
– Ready to serve
DSC_0737
DSC_0744