DAGING DAN TAHU SAUS TERIYAKI


Ide membuat masakan ini muncul ketika aku melihat ada sisa bahan di kulkas berupa tahu dan daging yang sudah direbus.
IMG_20150214_055232
Bahan:
– Daging rebus 250 gr, potong memanjang
– Tahu satu kotak kira-kira 15 cm x 15 cm, dipotong memanjang dan digoreng
– minyak goreng untuk menumis bumbu
– air kaldu 250 ml
Bumbu
– Bawang putih, 3 putih, iris tipis
– Bawang merah, 3 butir, iris tipis
– Garam 1/2 st
– gula pasir 1 st
– saus teriyaki 1sm (aku pake merk saor*i)
Cara membuat:
– Tumis bawang merah dan bawang putih, jika sudah harum masukkan daging dan tahu goreng
– Selanjutnya masukkan air kaldu
– Masukkan garam, gula dan saus teriyaki
– Masak sampai air menyusut dan mengental
– Angkat dan siap dihidangkan

PINDANG SAMBEL KEMANGI


Hari Minggu gini nyantai masaknya nggak perlu buru2 seperti hari biasa. Buat anak2 pagi2 sudah tak buatkan soto. Aku sendiri pinginnya nyambel aja. Kebetulan di kulkas masih ada satu ikan pindang maka kuputuskan untuk digoreng dan dimakan bersama sambel kemangi. Kemanginya metik di halaman rumah, lumayan buat sekali nyambel :) Ini lho penampakan ikan pindang sambel kemanginya.
IMG_20150222_073405
Sederhana tapi lezat lho..suamiku aja pingin nambah..sayang nasinya habis :)
Bahan dan cara membuatnya gampang banget
Bahan:
– Ikan pindang digoreng
– Kemangi cuci bersih
Bumbu sambel:
– Cabe merah 1 biji
– Cabe rawit 5 biji
– Tomat 1 biji
– Terasi kira 1cm3
– Garam 1/2 st
– Gula pasir 1 st peres
Cara membuat:
Goreng cabe merah, cabe rawit dan tomat bersama terasi kemudian uleg bersama garam dan gula pasir. Campur daun kemangi pada bumbu sambel sambil diuleg kasar. Letakkan ikan pindang di atasnya. Siap dihidangkan

SAMBAL GORENG KRECEK


Naufal doyan gudheg kalo ada sambel goreng krecek yang pedes. Ini juga pertama kali aku masak sambel goreng krecek, alhamdulilah sih kata naufal enak banget :)
Oiya sambel goreng kreceknya tanpa kacang tolo karena nggak ada yang suka. Berikut ini resep dan cara membuatnya:
IMG_20150219_055509
Bahan:
– Krecek untuk sambel goreng, aku beli di pasar sudah gorengan, sebelum tak olah krecek dicuci dengan air panas agar minyaknya hilang
– Cabe merah besar diiris tipis-tipis
– Daun salam
– Sere
– Lengkuas
– Garam
– Gula merah
– Santan
Bumbu halus :
– Cabe merah besar
– Cabe rawit agak banyak
– Bawang merah
– Bawang putih
Cara membuat
– Tumis bumbu halus, cabe merah iris, salam, sere, dan lengkuas sampai harum dan matang
– Masukkan krecek yang sudah empuk dan sudah dicuci bersih
– Terakhir masukkan santan, gula merah, dan garam
– Masak sampai air menyusut
– Siap dihidangkan

GUDHEG KERING


Beberapa hari yang lalu pas ke tukang sayur ditawarin nangka muda. Kata ibu penjual sayurnya nangkanya bagus, merah, dan dijamin nggak pahit. Akhirnya aku beli, rencana mau buat gudheg. Karena nangkanya terlalu banyak akhirnya separo tak masak jadi gudheg basah seperti ini
IMG_20150215_094219
untuk resep gudheg basah ada di sini
Nah,separonya lagi aku buat gudheg kering. Karena resep gudheg kering ini belum pernah tak posting maka kali ini akan kuposting resepnya.
Bahan:
– Nangka muda potong kecil-kecil
– Daging sandung lamur 100 gr
– Daun salam 3 lembarpotong kecil-kecil
– Laos 3 cm geprak
– Santan
– Gula merah
– Garam
– Telur rebus
Bumbu halus:
– Bawang merah
– Bawang putih
– Kemiri
– Ketumbar
Cara membuat:
– Cuci bersih nangka muda
– Rebus nangka muda bersama daging daun salam dan lengkuas tutup panci dan biarkan sampai empuk
– Tambahkan gula merah dan garam, kemudian bumbu dan santan, masukkan telur rebus
– Tutup kembali sampai empuk dan masak dengan api kecil
– Kalo sudah empuk dan air menyusut bisa digoreng dengan sedikit minyak
– Siap dihidangkan bersama sambal goreng krecek (resep di sini) dan opor ayam
Penampakan gudheg
IMG_20150219_055323
Jika sudah ditambah yang lain jadi seperti ini.
DSC_0716
DSC_0715

BOLA-BOLA KENTANG KEJU


Beberapa hari yang lalu Sabrina ada acara praktik memasak di sekolahnya. Hari ini dia pingin praktik sendiri di rumah. Dengan bahan terbatas jadilah resep sederhana bola – bola kentang keju. Karena sabrina memang penggemar kentang, jadi hasil memasak hari ini dia menikmati sekali. Berikut ini bahan dan cara membuatnya:
image
Bahan:
– Kentang 500 gr kukus
– Keju potong kotak-kotak kecil
– Susu bubuk 3 sm
– Telur 1 butir
– Mentega 1,5 sm
– Garam 2 st
– Merica halus 1/2 st
– Pala halus 1/2 st
– Minyak goreng untuk menggoreng
Untuk balutan : telur dan tepung roti

Cara membuat
– Haluskan kentang bersama susu, bumbu, telur, dan mentega
– Masukkan keju dan aduk rata, kalo adonan terlalu lembek masukkan ke kulkas selama 30 menit
– Bulatkan adonan, gulingkan di telur dan selanjutnya masukkan di tepung roti
– Bisa langsung digoreng atau disimpan di freezer dan digoreng waktu mau dihidangkan

TERI EGG ROLL


Resep ini dapet dari budeku yaitu semacam chicken egg roll tapi isinya teri nasi. Kalo budeku yang bikin kulit untuk membungkusnya pake kulit lumpia, kalo aku bikin sendiri kulitnya. Ayo kita cekidot aja bahan dan cara membuatnya..
Bahan isi:
– Bawang bombay 1 buah iris kotak2 kecil
– 3 siung bawang putih dicincang kacar
– 1/4 kg teri basah, cuci bersih
– garam, gula , merica halus
Cara membuat isi:
– panaskan sedikit minyak, tumis bawang bombay dan bawang putih sampai harum
– masukkan teri nasi
– tambahkan sedikit air
– masukkan garam, gula dan merica halus
– biarkan sampai matang dan air menyusut hampir kering
– jadinya seperti ini, sisihkan dulu
IMG_20150213_051237

Bahan kulit:
– telur 2 butir
– tepung terigu 4 sm
– air sedikit
– garam merica
Cara membuat:
– semua bahan dicampur satu sampai bisa dibuat dadar
– buat dadar tipis- tipis
– isi dengan adonan isi
– lipat seperti membuat lumpia
Jadinya seperti ini
IMG_20150213_051254
Setelah selesai semua goreng dalam minyak panas sedang sampai kuning kecoklatan.
IMG_20150213_052758
Hidangkan dengan saus tomat dan sambal botolan

PUDING ROTI TAWAR KUKUS COKLAT KEJU


Naufal dan shabrina itu seleranya beda..terutama makanan..naufal suka keju..shabrina suka coklat. Nah biar gak repot mbaginya..kemaren tak buatin puding roti yang di atasnya setengah ditaburi keju dan setengahnya coklat.
photo
Kalo bahannya sama dengan sebelumnya yaitu
– Roti tawar 1 bungkus (saya pake sarir**i)
– Susu cair 350 ml
– gula 3 sm
– telur 3 butir kocok lepas
– mentega cair 2 sm
– keju parut
– meses
Cara membuat
– campur semua bahan menjadi satu kecuali keju dan meses
– tuang ke dalam cetakan yang sudah diolesi mentega
– taburi atasnya separo dengan keju parut dan separonya lagi meses
– kukus selama 30 menit
– dihidangkan dingin lebih nikmat

PASTEL TUTUP ISI DAGING


Sebenarnya cara membuatnya hampir sama dengan pastel tutup sebelumnya, hanya beda di cara membuat isinya saja. Berikut resep lengkapnya:
IMG_20141229_075146
Bahan pure kentang:
– Kentang kukus
– Susu bubuk
– Mentega
– Merica halus
– Garam
– Gula
Cara membuat pure:
Haluskan semua bahan menjadi satu dan rata. Sisihkan
Isi/ragout:
– Bawang bombay
– Bawang putih
– Daging cincang
– Wortel potong kotak2
– Soun rendam dalam air panas sampai lembut
– Garam, gula, merica halus
Cara membuat ragout:
– Panaskan bawang putih dan bawang bombay
– Masukkan daging cincang aduk sampai berubah warna
– Tambahkan wortel
– Beri air, masak hingga empuk
– Jika sudah empuk dan airnya menyusut, masukkan soun
– Selanjutnya ambil pure kentang, isikan ke wadah yang sudah diolesi mentega sepertiganya.
– Isi dengan ragout dan telur rebus
– Tutup lagi dengan kentang
– Olesi kuning telur dan taburi keju parut
– Panaskan di oven selama 40 menit dengan panas 180 derajat.
– Hidangkan

MACARONI SCHOTEL DAGING


Biasanya aku buat macaroni schotel menggunakan kornet. Kebetulan kornet lagi habis, jadi aku coba membuat makaroni schotelnya pake daging giling. Eh ternyata lebih enak :) Berikut ini bahan dan cara membuatnya:
schotel_daging
Bahan:
– Makaroni 200 gram,direbus sampai empuk, tiriskan
– Daging giling 100 gr
– Bawang bombay 1 buah
– Bawang putih 3 siung
– Susu 300 ml
– Tepung terigu 3 sm
– Keju parut 100 gr
– Telur 3 butir, dikocok
– Garam, gula, dan merica kocok
Cara membuat:
– Tumis bawang bombay dan bawang putih sampai harum
– Masukkan daging giling, aduk sampai berubah warna
– Masukkan bumbu, garam, merica, dan gula pasir secukupnya, aduk
– Masukkan makaroni, aduk rata
– Masukkan susu, aduk rata
– Masukkan susu, aduk rata sampai mengental
– Setelah mengental, matikan api, ambil sebagian keju, aduk
– Terakhir masukkan telur yang sudah dikocok
– Tuang adonan ke dalam loyang/pirex yang sudah diolesi mentega, taburi sisa keju parut
– Panggang dengan api 180 derajat celcius selama 1 jam
– Hidangkan dengan saus tomat dan sambal botol