Catatan harian seorang ibu dan istri

Agustus 19, 2016

HARI KE-15 DAN 16

Filed under: MENU HARIAN RAMADHAN 2016 — fatimah kelik @ 2:35 pm

2016_RAM_15&16

Di hari ke-15 dan ke-16 aku masak bali tahu banyuwangi dan telur. Sengaja aku masak agak banyak karena Sabrina suka banget bali tahu, jadi bisa buat 2 hari. Resepnya kayaknya sudah pernah tak tulis, tapi yang ini kemaren aku agak sedikit beda resepnya, jadi aku posting lagi ya disini

Bahan:

  1. Tahu banyuwangi digoreng
  2. Telur rebus 8 buah
  3. Bumbu dihaluskan:
    1. 5 butir bawang merah
    2. 5 siung bawang putih
    3. 4 buah cabe merah besar
    4. Terasi sedikit
    5. 1 buah tomat agak besar
  4. Kecap
  5. Garam
  6. Gula putih

Cara membuat:

  1. Tumis bumbu halus sampai harum, masukkan tahu dan telur rebus
  2. Tambahkan air, tunggu sampai air menyusut dan bumbu meresap
  3. Tambahkan kecap, garam, dan gula, masak sebentar dan siap untuk dihidangkan

 

Iklan

Juni 29, 2016

HARI KE-14

Filed under: MENU HARIAN RAMADHAN 2016 — fatimah kelik @ 2:20 pm

2016_RAM_14

Hari ke-14 ini menunya kayaknya sayur bening sama udang goreng tepung, tahu goreng, sama es menado. Es menadonya dikirimi ibuku, kebetuan ada yang ngirim buah sirsak ke rumah. Untuk resepnya kebetulan aku sering buat, jadi bisa ku share di sini

bahan :

  • 1 buah sirsak ( ambil dagingnya )
  • 1 bungkus nutrijell
  • susu kental manis putih secukupnya
  • es batu secukupnya

Cara Membuat Es Manado :

  1. Masak nutrijel sesuai petunjuk, kalo sudah jadi dipotong kotak2
  2. Blender daging buah sirsak dengan sedikit air  sampai halus
  3. Tuangkan blenderan buah sirsak kedalam gelas saji yang sudah disiapkan
  4. Tambahkan jelly
  5. Beri susu kental manis putih pada bagian atasnya kemudian masukkan es batu kedalamnya
  6. Aduk rata sampai semuanya tercampur rata
  7. Es manado siap untuk disajikan

Juni 24, 2016

HARI KE-13

Filed under: MENU HARIAN RAMADHAN 2016 — fatimah kelik @ 3:24 pm

2016_RAM_13

Di hari ke-13 mirip dengan hari ke-12, hanya sopnya nggak pake bakso daging, tapi pake bakso ikan. Oiya mas kelik minta tahu goreng sambel kecap pake seledri. Ini memang favoritnya suamiku. Kalo sarapan sering banget minta dibuatkan ini. Jadi  menu lengkapnya adalah

  • Sop sayur dengan bakso ikan
  • Ayam goreng
  • Tahu goreng
  • Sambel kecap seledri
  • Kerupuk (wajib)

Untuk sambel kecapnya, haluskan bawang, iris-iris cabe dan seledri, beri air matang sedikit, masukkan kecap, aduk rata. Tinggal makan dengan nasi dan kerupuk..kalo nggak ada kerupuknya kurang mantap..selamat mencoba

HARI KE-12

Filed under: MENU HARIAN RAMADHAN 2016 — fatimah kelik @ 3:18 pm

2016_RAM_12

Untuk hari kedua belas, karena ayam bumbu bawang putihnya masih ada ya tinggal nambahin dikit. Lengkapnya menu di hari kedua belas ini aku masak

  • sayur sop,
  • ayam bawang putih,
  • udang goreng tepung,
  • tahu goreng
  • sambel kecap.

Untuk resep sepertinya nggak perlu ya, karena sudah ada semua di arsip 🙂 hihi..emang sudah agak males ini nulis blog, banyak pekerjaan yang harus kuselesaikan. Walaupun begitu tetap berharap mudah-mudahan blog ini bermanfaat..amiin

HARI KE-11

Filed under: MENU HARIAN RAMADHAN 2016 — fatimah kelik @ 3:12 pm

Hari ke-11 nih aku jemput di pondok karena ternyata dia kena maag. Di pondok dia susah makan dan selalu mual pas makan. Untungnya bisa dijemput sehinggak di hari ke-11 aku nggak masak karena nyampe rumah sudah setelah maghrib. Untuk buka puasa akhirnya tak belikan ayam lodho nayamul yang terkenal pedas itu. Untuk sabrina yang nggak suka pedas aku belikan kare ayam. Nah untuk sahurnya memang masih ada, tapi karena tinggal sedikit aku juga goreng ayam goreng barang putih yang sudah kumarinasi sejak pagi sebelum berangkat ke kantor. Berikut ini resep lengkapnya ayam bumbu bawang putih

2016_RAM_11

Bahan:

  • Ayam 750 gr, potong kecil-kecil saja
  • bumbu untuk marinasi
    • bawang putih
    • garam
    • jeruk nipis
    • merica halus
  • Tepung bumbu

Cara membuat:

  • Semua bumbu dihaluskan kemudian ditambah dicampur ke dalam ayam, dibiarkan selama beberapa lama sampai meresap. Kalo aku kemaren sih pagi dimarinasi rencana sore mau digoreng, karena sore sudah terlanjur beli lauk, maka baru pas sahur digoreng
  • Oiya sebelum goreng dibaluri tepung bumbu dulu sedikit
  • Goreng dengan api kecil sampai matang

Juni 16, 2016

HARI KE-10

Filed under: MENU HARIAN RAMADHAN 2016 — fatimah kelik @ 8:52 am

Nggak terasa sudah hari kesepuluh, Sabrina tinggal 2 hari lagi pondok ramadhannya 🙂 Di hari kesepuluh ini masih dengan menu oseng-oseng, karena di kulkas masih ada sisa tauge, jadilah dioseng sama jamur tiram. Lauknya aku nggoreng tahu empuk dan gurih, resep sudah ada di blog ini, jadi  tahu aku masukkan bumbu di pagi harinya, sore tinggal goreng. Selain tahu, suami buat dadar isi bayam. Kebetulan hari itu dapet nasi kotak dari kantor, dimakan sama nofal buat  buka puasa. Untuk sahurnya aku buat udang goreng tepung dan nggoreng tahu lagi, oseng masih ada. Tampilan keseluruhan menu hari ke sepuluh adalah sebagai berikut

2016_RAM_10Eh iya itu rujak manis, di kulkas masih ada mangga dermayu beberapa hari lalu beli di giant, seger banget buat rujak 🙂

Bumbu oseng-osengnya sama dengan oseng tauge dan tahu pong cabe ijo kemaren. Kali ini yang mau tak posting resep dadar isi bayam

Bahan:

  1. Bayam 1 ikat, diambil daunnya dan direbus setengah matang dan diiris halus
  2.  Telur 3 butir
  3. Bumbu : garam, merica halus, kecap manis sedikit, saos tiram sedikit

Cara membuat:

  • Kocok telur dan bumbu
  • Panaskan penggorengan, beri minyak sedikit, kemudian masukkan telur, buat dadar agak lebar
  • Masukkan bayam menyebar di atas telur
  • Gulung telur, padatkan dan tunggu sampai matang
  • Setelah matang tinggal dipotong-potong
  • Selamat mencoba

Juni 15, 2016

HARI KE-9

Filed under: MENU HARIAN RAMADHAN 2016 — fatimah kelik @ 10:45 am

Di hari kesembilan pingin sekali makan oseng tauge dan tahu pong cabe ijo. Di kulkas aku masih punya 5 biji tahu pong, tinggal nyariin taugenya. Nofal masih setia dengan sambel goreng kentang dan atinya yang tinggal semnagkok kecil 🙂 Karena masang oseng tuh cepet banget, maka semuanya tak masak pulang kantor. Oiya lauknya suamiku bikin telur dadar andalannya..alhamdulilah nikmat banget walaupun dengan menu sangat sederhana.
Oseng seperti biasa hanya diiris-iris, tumis, jadi deh. Berikut ini resep selengkapnya

  • Tahu pong iris-iris memanjang
  • Tauge, cuci bersih
  • Bawang putih 3 siung
  • Bawang merah 3 butir
  • Cabe rawit 3 biji
  • Cabe merah besar 2 biji
  • Cabe ijo besar 2 biji
  • Tomat 1 biji
  • Saus tiram 1 st
  • Gula
  • Garam

Cara membuat

  • Iris-iris semua bumbu
  • Tumis  sampai harum
  • Masukkan tahu dan tauge, aduk sebentar
  • Beri  air sedikit
  • Masukkan saus tiram
  • Terakhir kalo sudah mateng, kecilkan api kemudian beri garam dan gula
  • Siap dihidangkan

Inilah hasilnya

2016_RAM_9

HARI KE-7 DAN KE-8

Filed under: MENU HARIAN RAMADHAN 2016 — fatimah kelik @ 10:26 am

Di hari ke tujuh, Minggu, Nofal minta dibuatkan sambel goreng ati dan kentang yang pedes. Mungkin karena adiknya masih pondok ramadhan, jadi minta yang pedes, kalo ada adiknya kan dicari menu yang bisa buat semua, adinya mau, kakak juga mau. Selain sambel goreng pedes, Nofal juga minta dibuatin mie goreng dan ayam goreng. Karena bikin sambel gorengnya agak banyak, akhirnya bisa jadi dua hari. Untuk mienya besoknya bikin lagi, ayam gorengnya memang sengaja aku ungkep agak banyak jadi cukup untuk dua hari. Jdi lengkap sudah dua hari berturut-turut menunya sama 😉

Untuk resep sambel goreng kentang atinya seingetku sih belum pernah posting, jadi..silahkan dibaca di bawah ini bahan dan cara membuatnya

  1. Ati dan ampela ayam 2 pasang
  2. 750 gr Kentang, potong kotak-kotak
  3. 6 siung Bawang putih
  4. 6 siung Bawang merah
  5. 15 buah Cabe rawit
  6. 2 buah Tomat
  7. 5 cm Laos
  8. 3 lembar Daun salam
  9. 2 batang Serai
  10. Merica halus
  11. Garam
  12. Gula

Cara membuat

  1.  Rebus ati dan ampela ayam sampai matang. Kemudian potong kotak-kotak.
  2.  Goreng kentang sampai berwarna kekuningan. Tiriskan
  3.  Haluskan semua bumbu kecuali laos, daun salam dan serai.
  4.  Tumis bumbu hingga harum, masukkan laos dan serai yang sudah digeprak.
  5. Masukkan juga daun salam, tumis hingga layu dan bau langu bumbu hilang.
  6. Tambahkan garam, gula, penyedap dan merica. Cicipi terlebih dahulu.
  7. Masukkan ati tumis sampai rata, lalu masukkan kentang aduk hingga rata.
  8. Beri air sedikit agar lebih lama dimasak dan bumbu meresap
  9. Jika air sudah menyusut dan kering, bisa diangkat dan dihidangkan 🙂

Hasilnya seperti ini

2016_RAM_7⁄8

HARI KE-5 DAN KE-6

Filed under: MENU HARIAN RAMADHAN 2016 — fatimah kelik @ 9:09 am

Sengaja kugabung, karena di hari ke-5 Jumat, aku masak soto kediri sekaligus buat hari ke-6, Sabtu. Kebetulan suami dibawain botok juga sama ibu, jadi, makanannya bisa jadi dua hari. Selain itu di hari Sabtu  kemaren Sabrina harus pondok ramadhan, sepi deh rumah, dan ini menyebabkan aku kurang bersemangat memasak, seperti biasa kalo salah satu anakku tidak di rumah. Mungkin agak lebay, tapi ya itulah keadaannya. Untunglah naufal dan suami suka banget soto kediri, jadi walaupun dua hari menunya sama, tetap aja semangat buka dan sahurnya. Kalo aku memilih makan botok kiriman ibu, dimakan bersama kerupuk dan nasi anget..hmmm…yummy

Resep soto kediri sudah pernah kuposting di sini, step by stepnya juga sudah, jadi bisa di search aja di kolom search paling bawah. Penampakannya sih sama, seperti di bawah ini

2016_RAM_5⁄6

HARI KE-4

Filed under: MENU HARIAN RAMADHAN 2016 — fatimah kelik @ 8:54 am

Di hari keempat, ternyata sayur pedes dan ayam bakarku masih ada, akhirnya hari itu cuman bikin takoyaki ala kadarnya. Untungnya naufal masih suka makan sayur pedes sama kerupuk, sedangkan sabrina belum bosan dengan ayam bakarnya, lumayan menghemat tenaga 🙂 Di bawah ini aku share resep takoyaki yang ala kadarnya tadi  yaa..semoga bermanfaat
Bahan untuk takoyaki ala kadarnya
1. 100 gr tepung terigu protein sedang
2. 150 ml air
3. 1 butir telur
4. 1/2 sdt kaldu bubuk
5. garam sedikit
bahan isi :
1. keju dipotong-potong
2. sosis dipotong-potong
saus:
1. secukupnya saus tomat
2. secukupnya mayonaise

Cara membuat:
1. Campur semua bahan, aduk rata menggunakan balon whisk
2. Panaskan cetakan, olesi dengan minyak lalu tuang adonan 1/2 bagian cetakan, beri isi lalu miringkan adonan dan beri lagi adonan. Bolak balik hingga berbentuk bulat.
3. Taburi takoyaki dengan mayonaise dan saus tomat
4. Sajikan.

Ini hasilnya:

2016_RAM_4

Older Posts »

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.