Catatan harian seorang ibu dan istri

Juni 28, 2015

MENU PUASA HARI KE-11

Filed under: MENU HARIAN RAMADHAN 2015 — fatimah kelik @ 10:00 pm

Di hari ke-11 ini anak-anak minta soto kediri. Mumpung hari Minggu aku buatin, karena sudah beberapa hari tak janjiin aja. Maklum soto kediri kan sedikit ruwet masaknya, jadi kalo hari kerja gak mungkin. Mana sekarang rumah lagi dibongkar, masaknya darurat di bawah tangga, jadi anak2 maklum. Kelengkapan soto kediri sesuai gambar di bawah ini. Kalo resepnya ada di sini

IMG_20150628_171147IMG_20150628_171240
IMG_20150628_171314IMG_20150628_172333p
IMG_20150628_175523IMG_20150628_172415
Untuk takjilnya aku buat es blewah, jarang-jarang sih bikin takjil, karena kalo udah makan takjil, makan nasinya jadi sedikit 😉

Iklan

MENU PUASA HARI KE-10

Filed under: MENU HARIAN RAMADHAN 2015 — fatimah kelik @ 9:48 pm

Di hari ke-10, masih dengan menu lalapan. Nofal belum bosen makan terong goreng dan sambel, jadi bikin lagi deh. Tapi kali ini tak tambahin tempe, jadi tempe penyet..hehe. Lauknya buat anak2 udang dan cumi goreng tepung. Oiya, tidak lupa sayurannya selain terong adalah slada air. Penampakannya adalah sebagai berikut:

IMG_20150627_174021

Udang dan cumi goreng tepung

IMG_20150627_174129

Tempe penyet

IMG_20150627_173923

Slada air dan terong goreng

MENU PUASA HARI KE-9

Filed under: MENU HARIAN RAMADHAN 2015 — fatimah kelik @ 9:28 pm

Di hari ke-9 anak2 minta ayam bakar dan sambel. Karena gak ada ayam kampung, akhirnya aku beli ayam potong dan hati ampela. Hati ampela nya beli cuman sebungkus..isi dua..buat tambahan aja. Nah pas belanja pagi2 ini ngobrol sama ibu tukang sayur tentang bumbu ayam bakar. Resep yang aku buat ini resep beliau..enak lho ternyata. Bumbunya aku share di sini yaa. Menu lengkap hari ke-9 adalah sebagai berikut
1. Ayam dan ati ampela bakar
2. terong goreng
3. Sambel tomat
4. Tumis kangkung
IMG_20150626_172016 IMG_20150626_172329IMG_20150626_171943IMG_20150626_172230

Untuk resep ayam dan ati ampela bakar ala ibu tukang sayur, bahan dan cara membuatnya adalah: – ayam 3/4 kg potong jadi 9 dibersihkan kulit dan lemaknya kemudian dikukus agar keset – 2 potong ati ampela ayam, dikukus juga – daun jeruk – kecap – garam dan gula secukupnya – bumbu halus :5 butir bawang merah, 5 siung bawang merah, 4 buah cabe merah besar, 4 butir kemiri, jahe. sebelum dihaluskan ditumis dulu bumbunya baru dihaluskan Cara membuat: – Tumis bumbu halus, masukkan ayam yang sudah dikukus, tambahkan air, kecap, gula, dan garam – Biarkan sampai air menyusut dan kental – Jika ayam sudah empuk, Bakar dengan api kecil sambil diolesi bumbu – Siap dihidangkan

Juni 26, 2015

MENU PUASA HARI KE-8

Filed under: MENU HARIAN RAMADHAN 2015 — fatimah kelik @ 11:43 am

Nggak terasa sudah hari ke-8. Kok cepet banget ya rasanya. Benar-benar tidak terasa. Ramadhan memang bulan penuh berkah, membuat perasaan tenang dan nyaman. Menu di hari ke-8 ini adalah sebagai berikut:
1. Sop sayuran
2. Ayam bumbu rujak
3. Sambel tomat dan lalapan terong goreng
4. Setup tape
5. Buah semangka
IMG_20150625_173249IMG_20150625_172918

IMG_20150625_173428IMG_20150625_172706

IMG_20150625_173544IMG_20150625_172640
Untuk ayam bumbu rujak, karena resepnya belum ada, maka silakan di baca di bawahn ini
Bahan-bahan/bumbu-bumbu :
1 ekor ayam, potong 10 bagian
1/2 sendok makan air asam jawa
2 lembar daun salam
2 sendok teh gula merah sisir
3 sendok makan minyak untuk menumis
Air Jeruk nipis

Bumbu Halus:
5 buah cabai merah besar
4 siung bawang putih
7 butir bawang merah
3 butir kemiri, sangrai
1/2 sm ketumbar
1 cm jahe

Cara membuat :
1. Lumuri ayam dengan air jeruk nipis
2. Tumis bumbu halus, daun salam
3. Masukkan ayam. Aduk sampai berubah warna.
4. Tambahkan garam, gula merah, dan santan. Masak sampai matang dan meresap.

Juni 25, 2015

MENU PUASA HARI KE-7

Filed under: MENU HARIAN RAMADHAN 2015 — fatimah kelik @ 2:49 pm

Di hari ke-7, di kulkas masih ada beberapa lauk yang belum habis. Ada tongkol bumbu merah kemaren, teri, bahan bakwan jagung dan tahu goreng. Yang belum ada sayurnya. Sewaktu pagi ke tukang sayur aku melihat ada banyak buah labu siam atau manisa kalo orang Jawa bilang. Terpikirlah ide untuk membuat sayur manisa atau labu siam. Dan menurutku cocok dengan beberapa sisa lauk yang ada 🙂 edisi ngirit. Dulu ibuku selalu berpesan untuk tidak pernah membuang makanan, kalo tidak sangat terpaksa. Itulah kenapa, kalo ada sisa makanan, sebisa mungkin makanan itu ku daur ulang atau dicarikan lagi pasangan yang cocok.. 🙂 Seperti contoh menu hari ke-7 ini. Berikut ini menu lengkapnya
1. Sayur manisa
2. Tahu dan bakwan jagung
Tahu ini sisa di kulkas ada tahu yang sudah berbumbu. Untuk bakwan jagungnya aku nggak buat lagi, tapi di kulkas masih ada sisa jagung yang sudah diuleg kasar bersama bumbu, tinggal nambahin telur 1 butir dan terigu 2 sm.
3. Tongkol bumbu merah, sambel teri dan pindang goreng adalah gabungan sisa ikan hari sebelumnya
4. Nggak lupa semangkanya
IMG_20150624_172949IMG_20150624_173007IMG_20150624_172823IMG_20150624_173128

MENU PUASA HARI KE-6

Filed under: MENU HARIAN RAMADHAN 2015 — fatimah kelik @ 4:35 am

Karena lagi banyak banget perkerjaan yang harus dilakukan, maka posting menu ramadhanku jadi tertunda nih. Kegiatan posting blog ini memang salah satu kegiatan favoritku. Senang rasanya kalo ada yang baca postinganku dan kemudian memanfaatkannya.  Di hari ke-6 ramadhan, aku masak sayur asem..mumpung belimbing sayurnya lagi banyak. Masakan lainnya ikan tongkol bumbu merah, sambel teri dan telur dadar pesenan nofal. Karena aku pingin banget asinan, maka aku juga buat asinan. Resep yang baru cuman asinan, yang lainnya tak posting gambar dan linknya aja yaa

1. Sayur asem
2. Tongkol bumbu merah
3. Sambel teri
4. Telur dadar
5. Asinan buah
IMG_20150623_170750IMG_20150623_170707IMG_20150623_170723IMG_20150623_172048

IMG_20150623_114226
Ini resep asinan buahnya
1. Buah bebas..aku pake mangga, nanas, bengkuang dan timun. Semuanya dikupas kecuali timun, lalu cuci dan potong2 sesuai selera
2. Gula 500gr
3. Garam
4. Cuka
5. Cabe merah besar dihaluskan
6. Kacang goreng
Cara membuat
1. Rebua gula pasir dan cabe merah sampai mendidih dengan sedikit air. Biarkan agak dingin
2. Setelah itu tuang larutan gula ke dalam campuran buah
3. Tambahkan garam dan cuka
4. Terakhir masukkan kacang yang sudah diuleg kasar
5. Biarkan minimal 3 jam dan selanjutnya bisa dinikmati

Juni 23, 2015

MENU PUASA HARI KE-5

Filed under: MENU HARIAN RAMADHAN 2015 — fatimah kelik @ 6:59 pm

Hari kelima puasa, Sabrina minta bakso udang goreng lagi. Ya udah tak siapin adonan di pagi harinya, sore tinggal goreng. Sayurnya tak buatin sop oyong, asal berkuah, pasti mau 🙂
Selengkapnya yang tak masak di hari ke-5 adalah sup oyong, tahu dan bakso udang goreng, dan pecak lele..lihat gambar 🙂
1. Sop oyong, isinya oyong, bakso dan soun, resep ada di sini
2.Bakso udang goreng dan tahu goreng sama dengan menu hari pertama
3. pecak lele, makanan khas tulungagung katanya. Ini resepnya aku dapat dari teman kantor.
IMG_20150622_172752IMG_20150622_172731

IMG_20150622_172552
Yang baru adalah pecak lele. Cara buat pecak lele sangat mudah. Kukus cabe rawit, kencur, dan bawang putih. Kukus juga santan kental. Selanjutnya uleg bumbu yang sudah dikukus, tambahkan santan kental. Letakkan lele yang sudah digoreng atau dibakar
Selamat mencoba

Juni 21, 2015

MENU PUASA HARI KE-4

Filed under: MENU HARIAN RAMADHAN 2015 — fatimah kelik @ 9:59 pm

Di hari ke-4, Nofal minta sayur bayam, ikan pindang dan bakwan jagung lagi, sementara sabrina minta yang lain. Akhirnya tetap buat sayur bayam, tapi ikannya tak tambahin ikan lele 🙂 Selain itu aku buat makanan yang aku pingin banget sejak waktu ke Bogor minggu lalu yaitu cireng. Oiya sayur bayamnya aku tambahin oyong, biar beda dengan yang kemaren. Nggak lupa ada sambel tomat yang dibuat khusus oleh suami.. hehe
Selengkapnya menu hari ini
1. Sayur bayam dan oyong
2. Bakwan jagung lagi
3. Ikan lele dan pindang goreng
4. Sambal tomat
IMG_20150621_170054IMG_20150621_170023
IMG_20150621_170105IMG_20150621_170602
5. Daaan..cireng..horee 🙂
IMG_20150621_165845
Yang lain kan udah ada resepnya, tinggal cireng yang belum. Berikut ini bahan dan cara membuat cireng
Sediakan terlebih dahulu bahan cireng seperti berikut
Bahan
– 4 siung bawang putih, haluskan
– 2 batang daun bawang, iris tipis
– 1/4 kg tepung kanji atau tapioka
– 1/2 sendok teh merica
– 1 sendok makan tepung terigu
– 125 ml santan
– secukupnya garam dan penyedap rasa
– Bawang daun iris
Cara membuat:
– Tumis bawang putih halus sampai harum,
– tambahkan santan lalu aduk-aduk dan masak hingga mendidih. angkat dan sisihkan dulu.
– campur tepung terigu dan tepung kanji
– Tambahkan irisan daun bawang, penyedap rasa, garam dan merica.
– aduk ra
– Tuangkan larutan santan kedalam campuran tepung
– Uleni sampai kalis.
– Bentuk adonan menjadi bulat pipih
– goreng dengan minyak yang sudah panas dengan api kecil saja.
Karena nggak buat sambel petis, makan cirengnya pake sambal botol aja 🙂

MENU PUASA HARI KE-3

Filed under: MENU HARIAN RAMADHAN 2015 — fatimah kelik @ 9:37 pm

Masih dengan sayur bening, kali ini aku buat sayur bayam, tahu goreng, bakwan jagung, dan pindang sambel kemangi. Untuk takjilnya buat cincau gula merah. Sayur bayam adalah sayur paling gampang. Sayur ini adalah yang masakan sayur pertama aku buat dulu ketika belajar memasak 🙂 Yah, jaman dulu ketika baru menikah aku sama sekali tidak bisa memasak, bikin sambel aja asin. Nah kalo jajan terus kan boros, maka mulailah aku belajar masak sayur. Sayur bayam yang kupilih, kenapa memilih sayur bayam? karena bumbunya cuman bawang merah, kunci, gula dan garam hehe. Wah kok jadi ngelantur, maaf. Ini menu hari ke-3
1. Sayur bayam
2. Tahu goreng dan bakwan jagung,resepnya ada di sini
3. Pindang sambel kemangi yang resepnyapun sudah pernah kuposting di sini
4. Untuk takjil aku buat cincau gula merah, cara membuatnya hanya cincau dipotong-potong, tambah sirp gula merah, tambah air hangat. Mau dihidangkan dingin juga bisa sih..oke deh..selamat memasak
oIMG_20150620_171415IMG_20150620_171449
IMG_20150620_171348IMG_20150620_172643
Kalo ada yang butuh resep sayur bayam..karena belum pernah ku upload, tak upload deh di sini 😉
Bahan
– Bayam, diambil daunnya, cuci
– Bawang merah diiris-iris
– Kunci, garam, gula
Cara membuat:
– Rebus air sampai mendidih
– Masukkan bayam bersama bawang merah iris dan kunci
– Setelah bayam empuk tambahkan gula dan garam

Juni 20, 2015

MENU PUASA HARI KE-2

Filed under: MENU HARIAN RAMADHAN 2015 — fatimah kelik @ 10:05 am

Hari kedua, masih tetap dengan sayuran segar, tanpa santan 🙂 Penghuni rumah, Sabrina terutama, suka banget makanan berkuah, jadi hampir setiap hari selama ramadhan aku selalu masak sayur bening. Kali ini aku masak sop sayuran, tahu goreng, dan bakso udang goreng. Sayurannya (wortel, kol, buncis, dan seledri) sudah kupotong-potong pagi harinya, bawang putih dan bawang bombay juga sudah tak kupas. Tujuannya agar di sore hari sepulang kantor aku tidak terlalu terburu-buru masaknya. Pada dasarnya, masak itu yang lama kan persiapannya, kalo tinggal masak sih cepet banget. Berikut ini menu lengkap hari ke-2
1.sop sayuran
2.Tahu goreng empuk dan gurih
3.Bakso udang goreng
4.Teh cincau
IMG_20150619_172147IMG_20150619_172209IMG_20150619_173824
Bahan dan cara membuat sop sayuran:
– Sayuran dipotong-potong dan dicuci, sisihkan
– Bawang putih 3 siung iris-iris tipis
– Bawang bombay 1/2 buah iris-iris tipis
– Merica, garam, gula, kaldu sapi (opsional)
Cara membuatnya :
– Rebus air hingga mendidih, kemudian masukkan sayuran hingga sayuran empuk
– Tumis bawang putih dan bawang bombay sampai harum
– Masukkan tumisan bawang ke dalam sayuran
– Masukkan garam, gula, merica, kaldu sapi
– Terakhir masukkan seledri dan tomat

Masakan yang kedua adalah tahu goreng empuk dan gurih. Yah, kan biasa aja tahu goreng, bumbunya gampang, tapi tahu ini resep dan cara membuatnya aku dapatkan dari ibu kantin. Jadi caranya haluskan bawang putih, kunyit, garam. Setelah halus masukkan ke dalam panci dan beri air agak banyak. Panaskan hingga mendidih. Kemudian matikan api dan masukkan tahu yang sudah dipotong-potong. Biarkan dulu agar bumbu meresap. Kalo aku paginya tak siapin, sore baru tak buang airnya. Setelah itu tinggal digoreng. Dijamin empuk dan gurih lho tahunya karena bumbunya sudah meresap ke dalam tahu. Ini penampakan tahu yang sudah direndam ke dalam bumbu.
IMG_20150620_060720
Kita bisa membuatnya sekaligus, tinggal digoreng pas dibutuhkan.

Untuk masakan yang ketiga adalah bakso udang goreng. Nah ini buatnya sedikit lebih rumit, tapi sepadan dengan rasanya, enak, cocok banget sama sayur sop.
Bahannya:
– Udang 250 gr dikupas, dibuang kepala dan ekornya, jadi cuman diambil dagingnya saja
– Tepung maizena 2 sm
– bawang putih 3 siung
– merica 1/4 st
– gula dan garam secukupnya
– telur 1 butir
Cara membuat:
– blender udang bersama garam gula, merica dan bawang putih sampai halus
– masukkan tepung maizena, aduk rata
– masukkan telur, aduk rata
– goreng sesendok demi sesendok dengan api sedang agar tidak cepat gosong sampai kuning kecoklatan
– Siap dihidangkan bersama sop atau bisa langsung dengan sambal botol atau saus
– Penampakannya di gambar atas itu ya 🙂

Nah untuk seger-segernya aku buat teh cincau. Gampang, tinggal bikin teh manis yang agak kental, masukkan cincau yang sudah dipotong kotak-kotal kecil.

Older Posts »

Blog di WordPress.com.