BOLU GULUNG RAINBOW MINI


Pertama kali ngerasain kue ini aku langsung suka. Lembut, gak eneg, pokoknya bolu ini jadi favorit aku kalo pas ada acara. Nah kemaren pas kebetulan libur, aku nanya sama yang bikin, kebetulan temen SMA ku, dan dikasihlah resepnya. Ternyata proses bikinnya ribet. Jadi sih, rasanya enak, persis punya temenku itu, tapi bentuknya kurang beraturan, ada yang tipisnya pas, tapi banyak yang terlalu tebal atau sebaliknya terlalu tipis. Mungkin karena baru pertama ya, mohon dimaklumi. Karena rasanya enak, aku share di sini ya resepnya, siapa tau ada yang beminat membuatnya.

Bahan A

  • 12 butir telur
  • 300 gr gula pasir
  • 25 gr emulsifier (aku pake quick)

Bahan B

  • 160 gram tepung terigu (kunci/segitiga)
  • 40 gram tepung maizena
  • vanili

Bahan C

  • 200 ml minyak goreng
  • 50 gr margarine (blueband) ditim agar cair
  • Pewarna 6 macam
  • Selai strawberry

Cara membuat

  • Campur jadi satu bahan B dan ayak, sisihkan
  • Kocok bahan A dengan kecepatan tinggi sampai kaku berjejak
  • Masukkan bahan B ke dalam bahan A, aduk dengan kecepatan rendah
  • Matikan mikser
  • Masukkan minyak dan mentega, aduk dengan menggunakan spatula sampai tercampur rata
  • Bagi 6 bagian dan beri warna, seperti ini

WhatsApp Image 2018-05-02 at 15.46.08(1)

  • Siapkan kukusan, olesi loyang ukuran 22x22x7 cm dengan mentega dan alasi kertas minyak
  • Tuang adonan pertama warna ungu, kukus selama 8 menit
  • Ulangi proses di atas untuk warna yang lain, biru, hijau, kuning, oranye dan merah
  • Untuk warna terakhir, kukus selama 15 menit
  • Setelah itu angkat dari kukusan, kemudian balik di atas talenan, jadinya seperti ini

WhatsApp Image 2018-05-02 at 15.46.08

  • Iris tipis-tipis (jangan terlalu tebal, maksimal 5 mm biar mudah digulung
  • Setelah diiris olesi selai kemudian gulung satu demi satu sampai selesai
  • Jadinya seperti ini, ribet, tapi enak kok, silahkan menikmati

WhatsApp Image 2018-05-02 at 15.46.06

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s