TAHU KUPAT (LONTONG)


Akhir Desember lalu, sempat ada penugasan ke Magelang. Seperti biasa kalo lagi dinas luar kan bawaannya wisata kuliner ya, nah di Magelang waktu itu kita sempat wisata kuliner di Tahu Kupat pak Pangat. Tahu kupat ini buka jam 10 pagi, dan waktu kita ke sana memang jamnya orang makan siang, makanya rame. Bagaimana rasanya? menurut lidah jawa timurku sih terlalu manis, tapi lumayan enak sih, makin pedes makin enak mungkin. Nah sesampai di malang aku pingin coba bikin di rumah. Menurut feeling sih bumbunya gabungan antara tahu gejrot dan ketoprak..hehe. Jadi bumbu inilah yang akhirnya kueksekusi

– Bawang putih
– Cabe rawit
– Air asam
– Kacang
– Gula merah

Nah membuatnya gampang, tinggal diuleg semuanya. Apa bedanya kupat tahu dengan tahu tek atau ketoprak? kalo tahu tek kan pake petis ya, seperti halnya beberapa masakan jawa timur yang lain. Bumbunya mungkin sama dengan ketoprak, tapi tahu kupat ini lebih encer, kacangnya sedikit dan lebih manis dan air asamnya terasa banget, jadi agak kecut seger gitulah. Oiya satu lagi..gak pake kecap. Manisnya dari gula merah. Karena di malang gak ada kupat atau ketupat, maka tahu ini aku makan bersama lontong. Beginilah penampakannya

WhatsApp Image 2018-01-19 at 14.33.48

Kalo di Tahu Kupat pak pangat dilengkapi dengan bakwan dan kerupuk bawang, nah kalo aku pake kerupuk putih biasa…cocoklah ini kalo buat sarapan pagi-pagi. Selamat mencoba

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s