JANGAN BUANG MAKANAN !!


Dulu, waktu masih kecil, ibuku sering mengatakan kalo makan harus dihabiskan, biar ayamnya nggak mati. Waktu itu sih gak terlalu ngerti hubungannya apa, tapi selalu nurut dengan apa yang disampaikan ibu. Begitu juga dengan masakan, kalo bisa masak jangan terlalu banyak sehingga pasti habis, jangan sampai membuang makanan, ibuku selalu bilang jangan suka buang makanan, gak ilok. Kata “gak ilok” itu seperti sebuah mantra ajaib yang entah kenapa bisa membuat aku gak berani buang-buang makanan, sampai sekarang. Kalo anak sekarang dikasih tahu hal yang sama, pasti perdebatannya jadi panjang..dan laamaa. Ini pengalaman pribadi sih..hehe. Kalo aku ke anak-anak biasanya ngomong apa adanya, kalo ngambil makanan secukupnya saja, jadi gak sampe sisa. Di luar sana banyak orang yang mungkin tidak bisa makan setiap hari, jadi alangkah mubadzirnya kalo sampai makanan dibuang-buang. Alhamdulillah, anak2 bisa melakukannya.

Kebiasaan sayang membuang makanan ini membuat aku harus pinter2 mengolah kembali atau membuatkan jodoh untuk masakan yang tidak habis dalam sehari. Misal, masak rendang. Kalo masak rendang hampir selalu aku langsung masak banyak dan gak mungkin langsung habis. Biasanya, untuk membangkitkan selera makan anak2, minimal harus ada satu masakan yang baru. Jadi, hari kedua dan ketiganya bisa dimodif dengan membuatkan mie goreng sosis atau oseng2 misalnya. Contoh lain lagi, tempe goreng, kalo sampai sore biasanya gak habis, maka besoknya tempe akan aku iris2 trus dioseng dengan kacang panjang. Ini beberapa masakan recycle yang biasanya aku buat di rumah

MASAKAN RECYCLE
Tempe goreng Oseng-oseng tempe dan kacang panjang
Balado ikan tongkol Nasi goreng ikan tongkol
Rendang Tinggal manasin, sayurnya bisa
Ganti-ganti walaupun lauknya tetep
Tahu goreng Oseng tauge dan tahu
Ikan goreng Lodeh campur, sisa ikan gorengnya
dicampur sekalian
Mie goreng Nasi goreng mawut

Sementara itu dulu ya, nanti kalo nemu lagi tak share lagi. Dibawah ini foto masakan rendang, hari pertama rendang dan sayur sop, hari kedua rendang dan mie goreng pedas, dan hari ketiga rendang dan oseng kangkung dan telur dadar. Semoga bermanfaat ya tulisan ini

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s