RICA-RICA MENTHOG PEDAS


MENTHOG

Nofal itu persis bapaknya..penggemar masakan pedas. Salah satu makanan favoritnya adalah rica-rica menthog pedas. Kebetulan di kantorku ada istri salah satu CS yang pinter banget masak rica-rica menthog, jadi beberapa kali aku pesan buat di rumah. Nah, suatu hari, minggu pagi, beberapa waktu lalu seperti biasa aku ke pasar berdua dengan suami, kebetulan di pasar kok ada yang jual menthog. Trus suami ngasih ide “gimana kalo nyoba bikin rica menthog sendiri”. Akhirnya beli deh satu ekor menthog yang besar. Sesampai di rumah, aku bingung karena gak tau bumbu rica menthog itu seperti apa. Karena aku nanya ke istrinya CS ini nggak dijawab, mungkin rahasia perusahaan, akhirnya nelpon ibuku, nanya-nanya ke tetangga yang pinter masak juga, selanjutnya ketemulah bumbu ini. Dalam hati berharap, mudah2an rasanya enak, dan setelah jadi, menurut nofal dan bapaknya enak, cuman aku dan sabrina gak kuat karena terlalu pedes🙂 Mungkin kalo ada yang mau nyoba bikin, cabe rawitnya bisa dikurangi. Resep lengkapnya adalah sebagai berikut:

Bahan:

  1. 1 ekor enthog yang besar
  2. Bawang merah 10 butir
  3. Bawang putih 15 siung
  4. Kemiri 10 butir
  5. Cabe rawit 1/4 kilo (optional kalo nggak pingin terlalu pedes bisa dicampur cabe merah besar)
  6. Sere 3 buah
  7. Daun jeruk 7 lembar
  8. Air asam 3 sm
  9. Air biasa 1 liter

Cara membuat:

  1. Haluskan bumbu (kecuali sere dan daun salam), kemudian tumis sampai harum bersama sere dan daun jeruk
  2. Setelah enthog dicuci bersih, campur dengan bumbu halus, tambahkan air asam, garam dan gula, serta air
  3. Dipresto sekitar 10 menit (sampai empuk)
  4. Siap dihidangkan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s