MENU PUASA HARI KE-2


Hari kedua, masih tetap dengan sayuran segar, tanpa santan 🙂 Penghuni rumah, Sabrina terutama, suka banget makanan berkuah, jadi hampir setiap hari selama ramadhan aku selalu masak sayur bening. Kali ini aku masak sop sayuran, tahu goreng, dan bakso udang goreng. Sayurannya (wortel, kol, buncis, dan seledri) sudah kupotong-potong pagi harinya, bawang putih dan bawang bombay juga sudah tak kupas. Tujuannya agar di sore hari sepulang kantor aku tidak terlalu terburu-buru masaknya. Pada dasarnya, masak itu yang lama kan persiapannya, kalo tinggal masak sih cepet banget. Berikut ini menu lengkap hari ke-2
1.sop sayuran
2.Tahu goreng empuk dan gurih
3.Bakso udang goreng
4.Teh cincau
IMG_20150619_172147IMG_20150619_172209IMG_20150619_173824
Bahan dan cara membuat sop sayuran:
– Sayuran dipotong-potong dan dicuci, sisihkan
– Bawang putih 3 siung iris-iris tipis
– Bawang bombay 1/2 buah iris-iris tipis
– Merica, garam, gula, kaldu sapi (opsional)
Cara membuatnya :
– Rebus air hingga mendidih, kemudian masukkan sayuran hingga sayuran empuk
– Tumis bawang putih dan bawang bombay sampai harum
– Masukkan tumisan bawang ke dalam sayuran
– Masukkan garam, gula, merica, kaldu sapi
– Terakhir masukkan seledri dan tomat

Masakan yang kedua adalah tahu goreng empuk dan gurih. Yah, kan biasa aja tahu goreng, bumbunya gampang, tapi tahu ini resep dan cara membuatnya aku dapatkan dari ibu kantin. Jadi caranya haluskan bawang putih, kunyit, garam. Setelah halus masukkan ke dalam panci dan beri air agak banyak. Panaskan hingga mendidih. Kemudian matikan api dan masukkan tahu yang sudah dipotong-potong. Biarkan dulu agar bumbu meresap. Kalo aku paginya tak siapin, sore baru tak buang airnya. Setelah itu tinggal digoreng. Dijamin empuk dan gurih lho tahunya karena bumbunya sudah meresap ke dalam tahu. Ini penampakan tahu yang sudah direndam ke dalam bumbu.
IMG_20150620_060720
Kita bisa membuatnya sekaligus, tinggal digoreng pas dibutuhkan.

Untuk masakan yang ketiga adalah bakso udang goreng. Nah ini buatnya sedikit lebih rumit, tapi sepadan dengan rasanya, enak, cocok banget sama sayur sop.
Bahannya:
– Udang 250 gr dikupas, dibuang kepala dan ekornya, jadi cuman diambil dagingnya saja
– Tepung maizena 2 sm
– bawang putih 3 siung
– merica 1/4 st
– gula dan garam secukupnya
– telur 1 butir
Cara membuat:
– blender udang bersama garam gula, merica dan bawang putih sampai halus
– masukkan tepung maizena, aduk rata
– masukkan telur, aduk rata
– goreng sesendok demi sesendok dengan api sedang agar tidak cepat gosong sampai kuning kecoklatan
– Siap dihidangkan bersama sop atau bisa langsung dengan sambal botol atau saus
– Penampakannya di gambar atas itu ya 🙂

Nah untuk seger-segernya aku buat teh cincau. Gampang, tinggal bikin teh manis yang agak kental, masukkan cincau yang sudah dipotong kotak-kotal kecil.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s