SAMBEL JAMBAL


Sewaktu ngajar di Siubondo beberapa waktu lalu, aku sempat membeli ikan asin jambal. Sebenarnya sih aku nggak terlalu suka ikan asin, tapi penasaran aja gimana rasanya kalo disambel. Aku dapet resep ini dari teman kantor, katanya sih jambal tuh enak banget digoreng, disuwir suwir, kemudian dicampur dengan sambel terasi. Dan..taraa..jadilah ini sambel jambal. Karena ikan jambal sudah asin, maka masaknya tidak perlu ditambah garam.
Berikut penampakannya

image

Bahan:
– Ikan jambal digoreng kemudian disuwir suwir agak halus
– Bahan sambel : cabe merah, cabe rawit, tomat, terasi, dan gula merah

Cara membuat:
– goreng cabe merah, cabe rawit, tomat dan terasi dengan sedikit minyak
– haluskan bahan-bahan di atas bersama gula
– setelah sambal jadi, masukkan ikan jambal
– goreng kembali agar semakin meresap bumbunya
– angkat dan hidangkan dengan nasi hangat dan kerupuk

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s