PINDANG SAMBEL KEMANGI


Hari Minggu gini nyantai masaknya nggak perlu buru2 seperti hari biasa. Buat anak2 pagi2 sudah tak buatkan soto. Aku sendiri pinginnya nyambel aja. Kebetulan di kulkas masih ada satu ikan pindang maka kuputuskan untuk digoreng dan dimakan bersama sambel kemangi. Kemanginya metik di halaman rumah, lumayan buat sekali nyambel🙂 Ini lho penampakan ikan pindang sambel kemanginya.
IMG_20150222_073405
Sederhana tapi lezat lho..suamiku aja pingin nambah..sayang nasinya habis🙂
Bahan dan cara membuatnya gampang banget
Bahan:
– Ikan pindang digoreng
– Kemangi cuci bersih
Bumbu sambel:
– Cabe merah 1 biji
– Cabe rawit 5 biji
– Tomat 1 biji
– Terasi kira 1cm3
– Garam 1/2 st
– Gula pasir 1 st peres
Cara membuat:
Goreng cabe merah, cabe rawit dan tomat bersama terasi kemudian uleg bersama garam dan gula pasir. Campur daun kemangi pada bumbu sambel sambil diuleg kasar. Letakkan ikan pindang di atasnya. Siap dihidangkan

7 thoughts on “PINDANG SAMBEL KEMANGI

  1. Mbak, aku boleh minta detail resep sambelnya?.. itu gula pasir berapa sendok?.. kenapa sambelnya bisa coklat ya?.. pake terasi merek apa?.. cabenya di rebus dulu ya?.. hehehee maaf ya mbak, nanyanya kayak polisi…:)

    • gula pasir satu sendok teh jangan munjung, garam setengah sendok teh, terasinya digoreng bersama cabe merah dan cabe rawit baru diuleg. minyak untuk menggoreng dikit aja mbak..kira2 satu sendok makan. oiya terasinya terasi udang aku belinya di toko tanjung sidoarjo, toko tanjung ini jadi tujuan kalo nyari oleh2 mbak di sidoarjo. Jadi merk terasinya juga sama tanjung..gitu mbak..mudah2an menjawab pertanyaan🙂

    • Hahaha…maklum yo win..isine standar banget..awalnya ini buat arsip..biar gampang kalo mau masak lagi tinggal buka. Sik nang sampurna yo win?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s