ES KACANG MERAH


Kemaren hari senin kebetulan aku, mas kelik dan nofal puasa, sabrina aja yang nggak puasa. Aku pingin nyoba buat sesuatu yang lain dari yang lain, hehe. Enggak lain sih, cuman karena sebelumnya belum pernah buat, jadinya lain🙂 Aku coba buat es kacang merah. Sebenarnya aku gak doyan kacang merah, kalo ada sop yang dikasih kacang merah, gak pernah tak makan, tapi karena beberapa hari yang lalu temanku ada yang cerita bikin es kacang merah, jadi pingin nyoba juga. Hasilnya…top..walaupun kurang empuk dikit, tapi lumayanlah sebagai awal
IMG_20140922_174723
 

Bahan:
1. Kacang merah 250 gr, dicuci, direndam sampai empuk
2. Gula pasir 5 sm
3. Gula merah 4 sm
4. Coklat bubuk van houten 1 sm, disairkan dengan 100 ml air
5. Vanili 1/2 st
6. Santan kental 300 cc
7. Maizena 1 sm, dicairkan dengan air 3 sm
8. Garam 1/2 st
9. Susu kental manis
10. Es batu
Cara membuat:
1. Rebus kacang yang sudah direndam sampai benar2 empuk, airnya kurang lebih 1,5 liter
2. Setelah kacang merah empuk masukkan gula pasir, gula merah, larutan coklat bubuk, dan vanili
3. Masak sampai airnya menyusut dan mengental, sisihkan
4. Buat kuah santannya dengan cara masak santan di atas api kecil, masukkan larutan maizena dan garam Masak sampai mendidih
IMG_20140922_173652
5. Cara penyajian: ambil sedikit kacang merah, tambah dengan santan, serutan es batu, susu. Boleh menggunakan es batu blok ditambah air putih sedikit. Kalau kurang manis boleh ditambah susu kental manis atau sirup gula. Cara membuat sirup gula ada di resep membuat es teler
IMG_20140922_173726
Selamat menikmati

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s