RAMADHAN 2013..HARI KE-24


Beberapa hari yang lalu suami minta dibikinin coto makasar, tapi karena aku belum pernah makan, aku mengusulkan untuk menggantinya dengan masakan yang sama-sama berasal dari makassar yaitu sup konro. Dulu ketika aku masih di jakarta pernah nyobain sup konro di daerah kelapa gading, tapi lupa letaknya di mana, wong udah lama banget, sekitar 15 tahun lalu..Akhirnya suami setuju, walaupun dia tetep ngarep juga suatu saat aku mau bikinin coto makassar. Aku tahu sih sebenernya karena coto makassar itu komponennya kan banyak jerohan makanya dia ngotot, suamiku kan penggemar berat jerohan, tapi karena aku gak terlalu suka, makanya jarang masak jerohan. Jadilah hari ke 24 kemaren aku bikin sup konro.

Bahan dan cara membuat:

  • Iga sapi (kurang lebih 700 gram, karena beli sekilo tapi tak tinggal di kulkas sedikit) dicuci bersih, kemudian rebus bersama cengkeh (3 butir), kayu manis (3 cm) dan daun salam (2 lembar)
  • Haluskan bawang merah, bawang putih, merica bulat, pala, kluwak (3 buah), garam dan gula, (mestinya pake kacang merah rebus, tapi aku gak pake)
  • Tumis bumbu halus, kemudian masukkan ke rebusan iga sapi tadi
  • Iris-iris bawang merah dan daun bawang, kemudian tumis bersama bumbu halus di atas
  • Kemudian tak presto 10 menit (biar cepet..hehe)
  • Udah siap deh
  • Menghidangkannya dengan jeruk nipis, sambel uleg (aku pake cabe yang direbus), dan emping mlinjo

Ini penampakan sup konronya, cuman pelengkapnya lupa gak difoto..:) eh iya aku bikin kuahnya memang agak banyak dan potongan iganya gak terlalu besar, biar enak makannya..

Menurut suami dan nofal enak..sabrina no comment karena dia masih setia dan menikmati asem-asem bandeng😀

foto (9)

Tinggalkan Balasan

