RAMADHAN 2013..HARI KE-11


Hari ini agak ribet masaknya. Sabrina sejak beberapa hari lalu minta lontong sayur. Nofal mau tapi yang lengkap pake telur petis. Ribetnya mulai pagi sampe gak sempat motret step by stepnya J. Tak catet di sini ya resepnya..

OPOR AYAM

Bahan:

  • Ayam, kalo pake ayam broiler, rebus dulu dan buang air rebusan pertama kali untuk mengurangi minyaknya. Selanjutnya kita bisa mengolahnya lebih lanjut
  • Santan kental 1 gelas

Bumbu halus:

  • 5 Butir Bawang Merah
  • 3 Siung Bawang Putih
  • 3 Butir Kemiri
  • 1 Sendok Makan Ketumbar
  • ½ sendok Makan Gula
  • ½ Sendok Makan Garam
  • ½ Sendok teh merica halus

Bumbu yang tidak ikut dihaluskan

  • 2 Lembar Salam
  • 1 Batang Sereh
  • 1 Potong Lengkuas

Cara membuat:

  • Rebus ayam bersama bumbu sampai meresap dan ayam matang. Kalo ayam broiler karena tadi sudah direbus dan dibuang airnya lebih dulu, maka tidak perlu terlalu lama. Usahakan airnya masih banyak
  • Setelah mendidih tambahkan santan
  • Aduk pelan sampai semua bahan dan santan matang

SAYUR LABU SIAM

Bahan:

  • Labu siam diiris-iris seperti batang korek api
  • Santan kental 1 gelas

Bumbu halus:

  • Bawang merah 4 butir
  • Bawang putih 3 siung
  • Ketumbar 1 sm
  • Cabe merah (aku 1 aja)
  • Cabe rawit (aku 7 buah, karena anakku minta agak pedes)
  • Garam
  • Gula putih

Bumbu yang tidak ikut dihaluskan:

  • Lengkuas
  • Daun salam 2 lembar

Cara membuat:

  • Tumis bumbu halus sampai matang, tambahkan salam dan lengkuas
  • Setelah matang masukkan labu siamnya, tambahkan air, biarkan sampai empuk dan matang
  • Tambahkan santan, aduk aduk agar santan tidak pecah sampai matang

TELUR PETIS

Bahan : 5 butir telur rebus, kupas

Bumbu : petis, bawang digeprak kemudian dirajang halus, cabe rawit (optional), kunci (geprak), garam dan gula

Cara membuat:

  • Semua bumbu dicampur dan ditambah air secukupnya
  • Masak di atas api sampai matang dan mengental
  • Angkat dan siram di atas telur rebus tadi

Semua yang atas tadi dimakan bersama lontong. Kalo lontongnya beli jadi karena aku gak bisa bikin lontong hehe

Pelengkap lainnya kerupuk udang, tapi karena aku punyanya kerupuk ikan ya aku pake itu aja. Enak juga ternyata.. J

Karena masak tiga itu udah cukup ribet, maka aku gak sempat bikin yang seger2. Suamiku akhirnya motong2 timun mas. Dikasih sirup rose dan air..oiya untuk anak2 ditambah susu kental manis..seger juga lho..

2 thoughts on “RAMADHAN 2013..HARI KE-11

  1. iya mas lebih enak ayam kampung, ini karena gak sempat ke pasar, di tukang sayurku kalo pingin ayam kampung harus pesen dulu. Kalo ayam negri tak ilangin semua kulit dan lemak ayamnya, terus tak rebus, airnya dibuang, baru deh tuh ayam tak olah, alhamdulilah sih kata anak2 enak🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s