RAMADHAN 2013..HARI KE-1


Hari ini puasa hari pertama, anak2 semalam udah request mau buka sama sop sayuran dan ayam goreng. Pagi ini setelah sholat shubuh dan ngaji sebentar aku seperti biasa langsung ke tukang sayur..ternyata tukang sayur langganan libur, akhirnya nyari tukang sayur yang lain, untung yang diminta cuman sop dan ayam goreng jadi pasti ada. Setelah dapat bahannya, mulai deh aku siapkan untuk membuat bumbu ayam goreng yaitu bawang putih, garam, ketumbar, merica bubuk, dan kunyit. Kemudian dihaluskan 

Cuci bersih ayam yang sudah dipotong2, kemudian campur dengan bumbu, beri air dan kemudian dimasak sampai air berkurang dan bumbu meresap

Nah setelah air menyusut dan bumbu meresap tinggal kita simpan. Karena jam 7 aku harus ke kantor, maka ayam tak simpan di kulkas dan nanti sore pulang kantor tinggal digoreng.

Selanjutnya untuk sayur sopnya, pagi ini aku hanya memotong-motong bahan dan menyiapkan bumbunya. Memasak itu yang lama sebenarnya persiapannya, jadi kalo bahan semua sudah siap, maka pulang kantor pun masih keburu untuk memasak. Oya karena kebetulan suamiku pulang kantornya lebih dulu, maka dia kebagian tugas memasak nasinya..hehe..kerja sama yang baik kan? Karena memasak nasi pake rice cooker minimal butuh waktu setengah jam, kalo nunggu pas aku pulang kantor takutnya gak keburu..pas waktunya buka belum mateng nasinya..

Nah untuk bahan sayur sop aku siapkan dan aku masukkan ke wadah untuk disimpan di kulkas seperti ini

Selanjutnya, aku juga memasak jelly, yah lumayan untuk pencuci mulut atau pembuka takjil. Kalo jelly sudah jadi, sorenya kita tinggal tambahin sirup (aku pake sirup rose), es batu, dan susu kental manis.

Nah, selanjutnya inilah menu buka puasa hari ini sekaligus buat sahur nanti..sop tinggal angetin dan ayam tinggal goreng. Kebetulan di kulkas masih ada tofu egg roll yang ternyata cocok juga dimakan dengan sayur sop. Resepnya sudah kupost beberapa hari yang lalu..Oiya tidak ketinggalan sambel tomat, kebetulan suamiku penggemar berat sambel. Dan hari ini dia yang bikin sambel, sayang sambelnya lupa difoto L

THIS IS IT… J selamat mencoba, semoga tulisan ini bermanfaat

Tinggalkan Balasan

