STEP BY STEP..BUMBU RUJAK MANIS


Karena saya adalah penggemar berat rujak manis, maka hampir selalu menyimpan bahan untuk bumbu rujak sehingga kalo sewaktu-waktu pingin rujak tinggal beli buah.. J Bumbu yang biasa saya buat adalah bumbu uleg, artinya bumbu-bumbu yang terdiri atas gula jawa, asam/belimbing wuluh, terasi, cabe, dan garam kita uleg jadi satu. Untuk bumbu uleg ini biasanya untuk sekali makan, bikinnya gak terlalu banyak. Ada lagi bumbu yang direbus dulu bahan-bahannya, mirip orang jualan. Saya punya langganan rujak manis yang enak yaitu rujak manis pak sam, jualnya di jalan borobudur, blimbing, kota malang. Rujak pak sam ini gak kalah dengan rujak di jalan ananas dan rujak semeru dan sudah punya langganan fanatik. Kalo saya pribadi sih lebih seneng rujak pak sam, disamping lebih dekat rumah, harganya gak terlalu mahal, seporsi Rp7.000,00, juga menurut saya bumbunya mantep, bawang gorengnya banyak. Nah resep yang saya buat ini sebenernya “bumbu pak sam wanna be” tapi versi saya gak pake petis.. ya beda-beda tipislah..J

Masukkan gula merah, cabe rawit yang diiris-iris, asam jawa, dan garam ke dalam panci

Tambahkan sedikit air, jangan terlalu banyak airnya biar gak terlalu encer. Kemudian masak di atas api kecil, sampai mendidih dan gula merahnya larut.

Aduk terus, hati-hati luber. Kalo sudah mendidih tapi gulanya belum cair, kecilkan lagi apinya dan diaduk pelan-pelan sampai gulanya larut.

Setelah matang angkat, kemudian saring

Jadinya seperti di atas ini. Bumbu ini sudah jadi, didinginkan dan bisa disimpan di kulkas. Sewaktu-waktu kita ingin makan tinggal mengambil sesuai kebutuhan.

Tinggal ditambahkan bawang goreng dan kacang goreng yang sudah diblender sedikit kasar. Bisa ditambah petis kalo mau, tapi saya di sini gak pake petis.

Disantap dengan buah-buahan sesuai selera.. J

11 thoughts on “STEP BY STEP..BUMBU RUJAK MANIS

  1. iiih, jd kangen Malang,..eiyh,..nih mbak,..aku juga penggemar rujak,..tp belum pernah tuh makan rujak spt itu….mau nyoba deh resepnya …tp ga tau bikin bawang gorengnya gimana caranya..? he he….

    • bawang goreng bisa beli aja yang udah jadi mbak..kalo mau bikin sendiri ya bawang putih diiris tipis-tipis terus digoreng

  2. mbak, kl bikin bumbu yg gula merahnya direbus itu apa ga gumpal lg kl sdh dingin? sb aku nyoba direbus eh setelah dingin kog kembali lg spt bongkahan gula merah, supaya tetap cair agak kental gitu gimana caranya, apa ada campuran bahan lain, tulung infonya dong mabk, matur suwun sebelumnya…

    • ngrebus gula merahnya dikasih air sedikit, kalo terlalu kental dikasih air lagi, kalo terlalu encer ya dipanaskan lagi agar lebih kental..saya selama ini gak pernah pake bahan campuran lain udah kental mbak..

Tinggalkan Balasan

