GUDEG BASAH


Kali ini saya ingin membagi resep gudeg basah yang sempat saya masak. Kenapa disebut gudeg basah? Karena kuahnya banyak, beda dengan gudeg Yu Jum yang kering kecoklatan. Gampang kok bikinnya..eh iya sebelum saya lanjutkan, teman-teman kalo mau masak gudeg, nangkanya begitu beli di pasar atau tukang sayur langsung dimasak ya, jangan beli trus disimpen di kulkas, karena ternyata saya kemaren melakukan itu dan hasilnya nangka saya jadi pahit. Menurut ibu saya sih karena gak langsung dimasak. Jadi kalo masaknya gak langsung, nyimpan nangkanya dalam keadaan mateng alias direbus dulu, gak perlu sampai empuk, yang penting mateng, kuah rebusan pertama jangan lupa dibuang..

BAHAN:

  • Nangka muda, potong-potong, cusi bersih
  • Daging 100 gr aja, buat kaldu
  • Telur rebus
  • Santan 1 liter (encer aja)

Bumbu:

  • Bawang putih 4 butir
  • Bawang merah 4 butir
  • Kemiri 5 butir
  • Daun salam 4 lembar
  • Lengkuas
  • Garam
  • Gula merah

Cara membuat:

  • Rebus nangka, buang airnya
  • Direbus lagi bersama kaldu dan daging
  • Haluskan bawang putih, bawang merah, dan kemiri
  • Masukkan ke dalam rebusan nangka
  • Setelah empuk semua, tambahkan santan encer
  • Terakhir masukkan gula merah dan garam
  • Tunggu sebentar sampai santan matang
  • Udah jadi deh dan siap dihidangkan
Iklan

One thought on “GUDEG BASAH

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s