STEP BY STEP..EMPEK-EMPEK


Kemaren pas jalan ke pasar pingin nyari ikan tengiri sih sebenarnya, nofal minta dibuatkan empek-empek, sampai di pasar gak ada ikan tengiri, padahal ke pasarnya udah pagi banget tuh. Adanya ikan gabus, udah deh..daripada gak ada.. J

Bahan:

  • Ikan gabus ½ kg
  • Tepung sagu ½ kg
  • Untuk biang:
    • Terigu 2 sm
    • Garam
    • Gula
    • Bawang putih halus
    • Air 200 ml

    Untuk membuat biang: Semua bahan biangnya dicampur dan dimasak sampai mengental, kalo sudah mengental tambahkan 2 sm minyak, dinginkan

Cara membuat:

  • Campur ikan, biang dan tepung sagu, jangan diuleni, yang penting tercampur rata aja

  • Bentuk memanjang, untuk membuat lenjer, kemaren gak bikin yang lain karena gak ada telur bebek untuk bikin kapal selam

  • Didihkan air, masukkan adonan yang sudah dibentuk tadi

  • Kalo sudah terapung berarti sudah matang, angkat, tiriskan

  • Simpan, digoreng kalo sudah akan dikonsumsi
  • Untuk cukonya: bawang putih, gula merah, asam jawa (cuka), air, garam, cabe rawit direbus sampai mendidih, disaring dan siap ditambahkan ke empek-empek nya (cuko bisa ditambahkan ebi sangria halus, kemaren aku sih gak pake)