STEP BY STEP..EMPEK-EMPEK


Kemaren pas jalan ke pasar pingin nyari ikan tengiri sih sebenarnya, nofal minta dibuatkan empek-empek, sampai di pasar gak ada ikan tengiri, padahal ke pasarnya udah pagi banget tuh. Adanya ikan gabus, udah deh..daripada gak ada.. J

Bahan:

  • Ikan gabus ½ kg
  • Tepung sagu ½ kg
  • Untuk biang:
    • Terigu 2 sm
    • Garam
    • Gula
    • Bawang putih halus
    • Air 200 ml

    Untuk membuat biang: Semua bahan biangnya dicampur dan dimasak sampai mengental, kalo sudah mengental tambahkan 2 sm minyak, dinginkan

Cara membuat:

  • Campur ikan, biang dan tepung sagu, jangan diuleni, yang penting tercampur rata aja

  • Bentuk memanjang, untuk membuat lenjer, kemaren gak bikin yang lain karena gak ada telur bebek untuk bikin kapal selam

  • Didihkan air, masukkan adonan yang sudah dibentuk tadi

  • Kalo sudah terapung berarti sudah matang, angkat, tiriskan

  • Simpan, digoreng kalo sudah akan dikonsumsi
  • Untuk cukonya: bawang putih, gula merah, asam jawa (cuka), air, garam, cabe rawit direbus sampai mendidih, disaring dan siap ditambahkan ke empek-empek nya (cuko bisa ditambahkan ebi sangria halus, kemaren aku sih gak pake)
Iklan

STEP BY STEP..RENDANG


Siapa yang gak kenal masakan padang satu ini, makanan yang satu ini banyak orang suka, termasuk anak-anakku.. minggu kemaren aku coba buat dan sempat tak foto step-step nya untuk diuplot disini.. mudah2an berguna..

  1. Siapkan bahan-bahannya
  • Daging 1 kg
  • Santan (dari ¾ buah kelapa yg besar)
  • Kelapa sangrai halus ( ¼ buah kelapa parut)
  • Bumbu Halus :
    • Cabe merah (cabe rawit juga bisa), ini menyesuaikan dengan anak-anak
    • Bawang merah
    • Bawang putih
    • Garam
    • Merica
    • Ketumbar
    • Lengkuas
    • Jahe
  • Bumbu lain :
    • Daun jeruk
    • Daun salam
    • Asam kandis
    • Daun kunyit (tapi aku gak pake karena gak ada)

       

  1. Tumis bumbu halus sampai berubah warna, masukkan daun jeruk, salam, dan asam

  2. Masukkan daging

  3. Masukkan santan dan kelapa sangrai

  4. Masak dengan api kecil sambil sesekali diaduk, masak sampai kuah mengering dan berminyak

  5. Jika sudah kecoklatan diangkat dan siap disantap J