OMELET MIE



Kalo yang satu ini adalah menu yang dibuat khusus untuk permintaan cemilan mendadak dari anak-anak, 🙂 ..siapa sih yang gak doyan mie instant, tapi jangan sering2..just for kepepet..
Bahan:
– Mie instan 1 bungkus
– 2 butir telur
– sayuran (optional)
Cara membuat:
– Rebus mie instan, masukkan semua bumbu
– Masukkan telur, campur semua
– Goreng dengan minyak sedikit, apinya kecil aja, takut gosong
– Hidangkan dengan sambal botol atau saus tomat

Iklan

LUMPIA



Ini kemaren ibuku yang membuat, kita sih tinggal makan matengnya, tapi sempat tak foto dan tinggal tambahin resepnya, gampang kok buatnya, kulit lumpianya beli jadi, kita tinggal bikin isi dan sausnya..
Bahan:
– Rebung, dipotong bentuk korek api, rendam, rebus, air rebusan dibuang, kemudian rebus lagi
– Ayam, rebus, suwir-suwir
– Bawang putih
– Garam, gula, merica
Cara membuat:
– Haluskan bawang putih dengan garam, merica dan gula, tumis sampai harum
– Masukkan rebung, ayam, tambahkan air
– Cicipi dulu rasanya, kalo kurang bisa ditambahkan bumbunya
– Setelah air hampir habis, angkat
– Ambil satu lembar kulit lumpia, isi dengan adonan isi, rekatkan dengan putih telur atau air juga bisa
– Goreng sampai kuning kecoklatan
Untuk sausnya:
– Campur tauco dengan gula agak banyak, tambah air, masak sampai mendidih (jangan diberi garam, karena rasa tauco sudah asin sekali)
– kentalkan dengan maizena yang sudah diencerkan dengan sedikit air

UBI MANIS GORENG



Ini sebenernya ubi sisa kemaren waktu masak bubur sagu, karena ubinya enak, kayaknya digoreng juga oke..
BAHAN:
– Ubi manis 1 buah
– Tepung terigu 150 gr
– mentega 1 sm
– Gula 3 sm
– Garam 1/2 sendok teh
– Air secukupny
CARA MEMBUAT:
– Potong-potong ubi manis yang sudah dikupas dan dicuci bersih memanjang berbentuk korek api
– Adonan: campur terigu, mentega, gula, garam dan air
– Masukkan ubi yang dipotong-potong tadi
– Goreng dengan minyak panas sampai matang.. ubinya diganti ubi biasa juga boleh..

AYAM GULUNG BALUT TEPUNG ROTI




Anak-anak minta ke Hokben…mungkin bawaan orang puasa, yang dibayangkan pasti makanan.. 🙂 Karena waktu tidak memungkinkan untuk pergi ke Hokben, maka dengan berbekal filet ayam di kulkas aku buat makanan yang agak-agak mirip sama yang di Hokben, perpaduan antara chicken egg roll dan chicken katsu mungkin..he..he.. hasilnya..anak-anak menyantap dengan lahap.. untuk sementara mereka bisa melupakan Hokben.. 🙂
BAHAN:
Untuk isi:
– Dada ayam fillet
– Tepung maizena 1 sm
– Telur 1 butir
– Garam, gula, merica, bawang putih 3 siung
Untuk dadarnya:
– telur 3 butir
– Terigu 2 sm
– Air secukupnya, garam merica sedikit
Untuk baluran luar:
– Telur 1 butir, tepung roti/breadcumb
Cara membuat:
– Campur semua bahan isian, belender sebentar (jangan ditambah air)
– Untuk dadar, campur semua bahan jadi satu, buat dadar tipis-tipis
– Beri adonan isian secara merata pada dadar, lipat bagian pinggir, kemudian gulung
– Kukus selama 20 menit
– potong-potong, masukkan ke dalam telur yang sudah dikocok, beri tepung roti, goreng sebentar dan api kecil agar tidak gosong
Dihidangkan bersama saus tomat atau sambal..oiya dimakan bersama sop sayuran juga enak lho..

TONGKOL BUMBU MERAH



Tongkol bumbu merah ini enak banget dimakan bersama sayur bening… ditambah krupuk tentunya..membuat berbuka puasa lebih berselera.. 🙂
BAHAN:
– Ikan tongkol (pindang)
– Bumbu: bawang putih, cabe merah, terasi, tomat, gula dan garam
– Minyak goreng untuk menumis
– Air sedikit
CARA MEMBUAT:
– Goreng ikan tongkol
– Semua bumbu dihaluskan (diblender)
– Panaskan minyak, tumis bumbu sampai harum
– Masukkan ikan tongkol yang sudah digoreng
– Tambahn air, masak sampai air menyusut, angkat
Nah salah satu alternatif sayur beningnya seperti di bawah ini:

Sayurannya terdiri atas, wortel, sawi, bunga kol, bakso ikan, bumbunya hanya bawang putih, merica, garam, gula, dan jahe… ini rasanya segar sekali karena ada aroma jahe di dalamnya.. silahkan dicoba ya..

ES DAWET GULA MERAH



Es dawet ini segar banget kalo diminum pada saat buka puasa. Tidak usah terlalu dingin, karena tidak baik juga kalo pada saat berbuka kita langsung minum yang dingin-dingin. membuatnya gampang kok, karena dawetnya udah beli jadi, gak usah membuat sendiri..he..he
BAHAN:
– Dawet beras 2 plastik kecil (warna hijau)
– Santan 500 cc
– Gula merah kelapa 200 gr
– Garam 1 st
– Daun pandan 1 buah
Cara membuat:
– Siram dawet dengan air matang dingin, sisihkan
– Buat santan untuk kuahnya dengan cara merebus santan yang sudah diberi potongan daun pandan dan garam sampai matang (apinya kecil saja, takut santannya pecah)
– Gula merah direbus dengan sedikit air sampai mendidih, dinginkan kemudian disaring
– Penyajian: ambil dawet, letakkan di gelas, beri sirup gula merah dan santan, di atasnya beri es batu sedikit saja..siap deh 😀