CECEK BUMBU KECAP PEDAS


Beberapa hari ini pinginnya emang makan yang pedas-pedas, dan cecek adalah salah satu makanan favorit nofal juga. Dimakan bersama nasi hangat dan kerupuk .. hmmm…maknyuss.. Oh ya kalo ada yang gak tahu cecek, itu adalah kulit sapi, biasanya juga digunakan sebagai bahan kerupuk rambak..

BAHAN:

  • Cecek ¼ kg direbus sampai empuk dan potong-potong kotak
  • Tahu putih 1 kotak (potong dadu dan goreng setengah matang)
  • Bawang merah 2 butir
  • Bawang putih 4 butir
  • Cabe rawit 5 buah
  • Cabe merah 1 buah
  • Kecap
  • Garam
  • Gula

CARA MEMBUAT

  • Haluskan bawang merah, bawang putih, cabe rawit, cabe merah.
  • Tumis bumbu halus dengan sedikit minyak
  • Tambahkan air sedikit
  • Tambahkan gula, garam, kecap (sesuai selera)
  • Masukkan tahu dan cecek, tunggu sampai air agak menyusut dan bumbu meresap

 

 

Iklan

MIE GORENG PEDAS


BAHAN:

  • Mie telur, rebus atau rendam dalam air panas sampai empuk
  • Bawang merah 2 butir
  • Bawang putih 4 butir
  • Merica
  • Tomat
  • Kecap
  • Saus sambal
  • Garam
  • Kecap asin
  • Gula

CARA MEMBUAT

  • Haluskan bawang merah, bawang putih, merica
  • Tumis bumbu halus dengan sedikit minyak
  • Tambahkan air sedikit
  • Tambahkan gula, garam, kecap manis dan asin (sesuai selera)
  • Masukkan mie, aduk rata, masukkan tomat
  • Tambahkan saus sambal botolan

SAYAP AYAM BUMBU RICA-RICA


Bahan:
– Sayap ayam ½ kg
– 2 sdm air jeruk nipis
– 1 sdt garam
– 75 ml minyak sayur
– 100 ml air

Bumbu, haluskan:
– 5 cabai merah besar
– 10 buah cabai rawit merah kecil
– 4 butir bawang merah
– 4 siung bawang putih
– 1 cm jahe
– 3 tomat merah
– ½ sdt terasi goreng
– 1 sdt garam

Cara membuat:
1. Lumuri sayap ayam dengan air jeruk nipis dan garam hingga rata. Goreng sebentar
2. Panaskan minyak, tumis bumbu halus hingga matang dan harum.
3. Masukkan sayap ayam, aduk-aduk hingga kaku.
4. Tuangi air, masak hingga ayam empuk dan kuah habis.
5. Angkat. Sajikan dengan sisa bumbu.

BUBUR SAGU



Satu lagi snack buat anak-anak, bubur sagu..enak dan gak eneg.. 🙂
BAHAN :
100 gr sagu ambon
500 ml air
750 ml air
100 gr gula merah
100 gr gula pasir
3 lembar daun pandan
1/2 sdt garam

Saus santan:
500 ml santan dari 1 butir kelapa
1/2 sdt garam
2 lbr daun pandan

Cara membuat:
1. Rendam sagu dalam 500 ml air selama 1 jam hingga mengembang, tiriskan, buang airnya.
2. Masak 750 ml air bersama gula pasir, gula merah, daun pandan, hingga gula larut, masukkan sagu yang telah lunak. Masak sambil terus diaduk hingga kental, aduk rata.
3. Saus: didihkan semua bahan sambil terus diaduk -aduk agar santan tidak pecah.
4. Sajikan bubur sagu dengan saus santan.

ROTI GORENG ISI SOSIS



Liburan ini ada anak om yang lagi nginep di rumah, tahu sendiri kan kalo anak-anak pasti ngemil..anakku juga gitu soalnya.. 🙂 Karena di perumahan jarang ada penjual masuk, toko jauh, maka di sela-sela waktu makan harus dibuatkan makanan ringan..salah satunya ini, hanya berbahan roti tawar, telur, sosis, juga tepung roti.. Jadi roti tawar, diisi sosis, digulung. Kemudian masukkan ke dalam telur yang dikocok baru digulingkan dalam tepung roti. Setelah itu digoreng dengan minyak panas dengan api kecil agar tidak gosong. Tepung panir kan gampang banget gosong..

DONAT KENTANG


Anak-anak tuh pasti senengnya ngemil, salah satu cemilan favorit anak-anak adalah donat. Kalo kita beli donat kayaknya rasanya agak aneh ya, mungkin karena kebanyakan pengembang. Kalo kita bikin sendiri, rasanya lebih gurih..bahannya juga lebih terjamin.

BAHAN:
– Kentang 1/4 kg (kupas, rebus, haluskan)
– Terigu 1/4 kg
– Kuning telur 2 butir
– Mentega 2 sm
– Susu bubuk 1 sachet
– Gula 4 sm
– Salf instant (fernipan/ragi instant) 1/2 bungkus atau 5 gram
– Garam 1 st
CARA MEMBUAT
1. Terigu, susu, gula, ragi, garam, campur
2. Campurkan dengan kuning telur
3. Kemudian masukkan mentega
4. Setelah itu masukkan kentang yang sudah dihaluskan, uleni sampai kalis
5. Tutup adonan dengan plastik yang dilubangi dengan garpu
6. Diamkan kurang lebih 1 jam (bisa mengembang 2 kalinya), mendiamkannya diusahakan terkena sinar matahari tak langsung.
7. Cetak bulat dan lubangi tengahnya
8. Setelah dicetak goreng dengan minyak panas (api kecil)
9. Dinginkan, baru diolesi mentega dan dihias meses, atau tinggal ditaburi gula halus

ASEM-ASEM SEAFOOD


Ini resepnya sama dengan asem-asem ikan patin, hanya materi patinnya diganti dengan seafood berupa cumi dan udang. Kata suamiku rasanya lebih enak jika dibandingkan dengan asem-asem ikan patin. Mirip Tom Yam mungkin ya.. 🙂

Bahan:
– Cumi, dibersihkan, kantung tinta dan kepalanya dibuang, potong kotak melebar dan bagian dalamnya kita buat garis2 melintang dan membujur (gak harus)
– Udang, dibersihkan, buang kulit dan kepalanya, belah punggung dan keluarkan kotorannya, cuci bersih
– Blimbing sayur
– Tomat hijau
– Tomat merah
– Bawang merah
– Bawang putih
– Kunyit
– Laos
– Daun salam
– Daun jeruk
– Sere digeprak
– Cabe rawit
– Garam, gula
Cara membuat Resep Tom Yam Seafood :
1. Iris-iris bumbu bawang merah, bawang putih, kunyit, laos
2. Rebus kaldu seafood beserta sereh, daun jeruk, udang, cumi, dengan api kecil hingga harum.
3. Masukkan bumbu iris tadi ke dalam rebusan seafood, tambahkan garam, gula, biarkan hingga menyerap.
3. Sebelum diangkat, masukkan cabe rawit, lalu angkat dan hidangkan hangat-hangat
Dijamin.. maknyuss.. 😀

STEAK AYAM JAMUR


Masih memanfaatkan jamur kancing yang ada di kulkas, tak campur dengan steak ayam. Dan karena maizenanya habis, kuah steaknya tak kentalkan dengan terigu, rasanya oke aja.. 🙂

BAHAN:
– Fillet ayam
– Terigu
– Tepung bumbu
– Bumbu: bawang putih, bawang merah, lada hitam, pala, gula, garam, kecap manis
CARA MEMBUAT:
– Pukul-pukul daging ayam sampai tipis melebar
– Campur tepung terigu dan tepung bumbu
– Ambil kira2 2 sendok makan campuran tepung di atas, beri air agar jadi adonan seperti pisang goreng
– Ambil ayam, masukkan adonan kemudian gulingkan di campuran tepung
– Goreng sampai matang dengan api kecil. Sisihkan
– Saus steak: Geprak bawang putih, iris-iris bawang merah, tumis sampai harum, masukan jamur, tambah air
– Tunggu sampai matang, beri bumbu-bumbu, terakhir kentalkan dengan terigu yang diencerkan dengan sedikit air
– Penyajian: siram ayam yang sudah digoreng tadi dengan sausnya… enakkk…eh iya jangan lupa pelengkapnya kentang goreng dan sayuran rebus..

CREAM SOUP


Bentuknya sih mirip cream soup, tapi karena gak ada susu, jadilah bikin cream soup maksa, rasanya…lumayan..buktinya sabrina seneng buanget…dia minta dibikinin lagi besok.. 🙂

BAHAN:
– Jamur kancing, diiris-iris agak tipis
– Wortel dipotong-potong kotak
– Ayam, direbus, dipotong kotak-kotak kecil
– Terigu
– Air
– 1 butir telur, kocok sebentar
– Bumbu, bawang putih, lada, merica bubuk, gula garam, kaldu ayam
CARA MEMBUAT:
– Geprak bawang putih, tumis sebentar, masukkan jamur, wortel, ayam, tambahkan air masak sampai empuk
– Masukkan bumbu-bumbu, masak sampai mendidih
– Masukkan telur yang sudah dikocok, aduk terus agar tidak menggumpal
– Campur terigu dengan air sedikit
– Masukkan adonan terigu ke dalam sup, aduk-aduk
– Hidangkan segera.. 🙂