SOTO KEDIRI……


Dari semalem suami sudah request pingin banget makan soto kediri, karena hari ini gak ada acara kemana-mana aku rencana mau masakin buat dia karena memang udah cukup lama aku gak masak soto kediri. Pagi-pagi tadi pas mau berangkat ke pasar hujan turun..kayaknya lebih enak deh kalo tidur lagi..he..he..tapi ngeliat suami semangat mau nganterin ke pasar ya udah..show must go on. Nyampe di pasar udah becek banget pasarnya…tapi kita tetap semangat..yah perjuangan untuk masak soto sedemikian berat…Tapi semua itu terbayar melihat suami makan dengan lahapnya soto kediri buatanku…kata dia lebih enak daripada Pak Munir (soto favorit suami kalo pas pulang ke kediri)..hi..hi..aku gak tahu itu muji beneran atau sekedar menyenangkan hatiku..he..he

Aku tulis disini aja resepnya deh….mungkin ada yang berminat..silahkan mencoba

Bahan :

  • Ayam kampung direbus bersama serai, daun jeruk, dan lengkuas, kalo ayam sudah empuk diangkat dan digoreng, kemudian disuwir-suwir
  • Bumbu yang dihaluskan :
  1. Bawang merah 5 butir
  2. Bawang putih 6 butir
  3. Kencur 2 cm
  4. Ketumbar sangrai 1 sm
  5. Kemiri 5 butir
  6. Terasi 1 st

    Setelah halus ditumis dalam 2sm minyak goreng dan dimasukkan air kaldu untuk merebus ayam tadi..kalo sudah mendidih baru masukkan santan cair..dimasak sampai mendidih..jangan lupa ditambah garam dan gula

  • Bahan pelengkap:
  1. Telur rebus
  2. Daun sledri dipotong2 halus
  3. Tauge pendek
  4. Bawang putih dan bawang merah goreng
  5. Soun
  6. Jeruk nipis
  7. Kecap
  8. Cabe rawit yang direbus

     

     

 

2 thoughts on “SOTO KEDIRI……

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s