MENU HARI KE-23


Hari ke-23 aku entah kenapa kok tiba-tiba pingin mie ayam. Jadilah belanja ke superin** nyari fillet ayam. Sampe di rumah aku olah dan jadilah mie ayam yang sedap kata anakku. Terbukti sampe sahur habis bersih semuanya, walaupun kurang lengkap karena gak ada kulit pangsit goreng nya. Nanti kapan-kapan bikin lagi aja yang pake pangsit goreng, untuk yang kali ini cukuplah. Kelengkapan untuk mie ayam antara lain:

    1. Ayam yang sudah dimasak, tinggal siram di atas mie (resepnya setelah ini tak posting)
    2. Sambel, tinggal ngrebus cabe, kemudian cabe dihaluskan dengan sedikit kuah dari mie ayam ini
    3. Kuah (akan tak posting bersama resep untuk ayam tadi)
    4. Mie telur (ini gapangtinggal direbus dan kalosudah matang dihidangkan bersama kelengkapan lainnya
    5. Saos sambel atau tomat

Tidak lupa salad buah sebagai dessert hari ini

 

Iklan

MENU HARI KE-22


Hari ke-22 karena di kulkas masih ada ayam yang sudah terlanjur kurebus, bingung mau diapain, akhirnya kepikiran membuat sup ayam. Jadilah sup ayamnya diisi ayam filet yang dipotong kotak-kotak dan sosis. Lengkapnya menu hari ke-22 adalah

1. Sup ayam dan sosis
2. Dadar telur
3. Sambel kecap
4. Salad buah

MENU HARI KE-21


Menu Hari ke-21 ini juga menyesuaikan bahn-bahan yang ada di kulkas, ya tinggal beberapa hari lagi puasa kayaknya harus sudah mulai mengurangi stok bahan baku. Di hari ke-21 ini yang aku masak adalah

1. Oseng buncis dan tempe (resepnya sama dengan oseng/ tumisan yang lain)
2. Oseng jamur dan daging gurita
3. Tahu goreng
4. Bakwan sayuran
5. Salad buah
Salah buah menjadi pembuka favorit anak-anak, jadi gak heran hampir tiap hari pasti ada salad buah

PERKEDEL IKAN TUNA


Ide masakan ini kudapatkan dari facebooknya mbak nikmatul rosida, seorang youtuber yang menurutku resepnya gampang-gampang. Di salah satu postingan beliau memberikan resep ini. Tapi esepnya sudah kumodifikasi dengan bahan yang ada di rumah yaitu

  1. Filet ikan tuna
  2. Bawang putih, cincang halus
  3. Daun bawang iris-iris
  4. Air lemon
  5. Minyak goreng sedikit (aslinya sih pake olive oil, karena aku gak punya ya pake minyak goreng)
  6. Garam, gula, merica halus
  7. Tepung maizena
  8. Telur 1
  9. Tepung panir
  10. Minyak goreng untuk menggoreng

Cara membuat:

  1. Haluskan fillet daging ikan, campur dengan air lemon dan minyak
  2. Masukkan bumbu lainnya, uleni sampai rata
  3. Masukkan maizena, telur dan bumbu lain
  4. Bentuk bulatan pipih kemudian gulingkan di tepung panir
  5. Goreng dengan api kecil agar daging ikannya matang
  6. Inilah hasilnya

Yang belum digoreng bisa digoreng pas sahur malem

 

MENU HARI KE-20


Menjelang 10 hari terakhir ini adalah waktunya bersih-bersih kulkas. Di kulkasku memang kadang masih tersisa bahan beberapa kali belanja. Nah karena udah mau mudik, maka untuk beberapa hari ke-depan aku masaknya sesuai dengan stok yang ada di kulkas. Kalaupun nambah bahan, yang utama adalah bahan yang di kulkas harus segera dieksekusi. Nah masakan di hari ke-20 ini juga gitu, karena di kulkas ada kacang panjang, tempe, ikan tuna, maka masakan yang dihasilkan adalah:

  1. Oseng tempe dan kacang panjang
  2. Perkedel ikan tuna, resep perkedel ikan tuna akan kuposting setelah postingan ini
  3. Salad buah (ini juga menghabiskan stok buah di kulkas), kalo salad buah gampang, tinggal potong2 (buahnya bebas), diberi mayonais/saus yogurt, susu kental manis dan diparuti keju

 

MENU HARI KE-19


Di hari ke-19, lupa gak sempat motret masakannya lengkap, yang kefoto cuman penampakan di piringnya. Di hari ke-19 ini, aku masak orak-arik tempe kacang kemangi, jamur suwir, dan lauknya pake telur ceplok. Kenapa pake telur ceplok? sebenarnya ini mau niru penampakan ala dapur asix yang di tiap menunya ada telur ceploknya 😀 . Alhamdulilah walaupun menunya sederhana begini rasanya sangat lezat, bikin nambah nasi aja nih. Walaupun penampakannya cuman yang di piring, gpp yaaa

Kalo ini orak-ariknya

Nah kalo resep orak arik tempe kacangnya ada di sini

Selamat mencoba

MENU HARI KE-18


Semakin mendekati akhir ramdhan, kok kayaknya jadi makin males masak ya, jadi ini menunya makin minimalis. Tapi walaupun minimalis, kok tetep enak ya hehe. Baiklah, di hari ke-18 ini menunya adalah

1. Oseng kangkung dan bakso ikan, resepnya sama kayak ini tapi ditambahin bakso ikan yang diiris-iris
2. Telur dadar dikasih irisan daging gurita
3. Ayam suwir tidak pedas buat Shabrina
Ini dia penampakannya,

 

 

 

 

MENU HARI KE-15


Kayaknya setelah beberapa hari puasa, aku agak susah nyari ide masak nih. Ide bikin pecel muncul pas lagi jalan2 saya suamiku yang tiba2 di jalan nyeletuk ” gimana kalo bikin pecel aja, kan di rumah ada peyek banyak. Iya, baru inget beberapa hari lalu aku beli pecel agak banyak. Akhirnya ke pasar sebentar nyari sayur, di rumah memang gak sadar stok sayur sama sekali. Kalo bikin pecel kan cepet ya tinggal ngrebus sayuran, pelengkapnya tempe goreng dan telur dadar. Ditambah peyek dan kerupuk tentunya. Seperti ini jadinya..