OSENG CAMPUR-CAMPUR


Anakku si nofal masih pondok romadhon, itulah kenapa sampe kemaren masih males banget masak :) Pulang dari kantor aku buka kulkas dan nemu bakso, jamur, kacang panjang (sisa pas masak sayur asem), dan tempe semangit. Kayaknya sih cocok buat oseng-oseng, apalagi tempenya semangit, favorit suami. Maka mulailah aku masak bahan-bahan tersebut dan jadilah ini
IMG_20140717_171201
Bahan:
– Kacang panjang, potong2
– Bakso, iris-iris
– Jamur, cuci bersih kemudian rebus dan buang airnya dan dicuci sekali lagi agar tidak berbau
– Tempe semangit, potong-potong kotak
Bumbu:
– Bawang putih 2 siung diiris-iris
– Bawang merah 2 butir diiris-iris
– Cabe merah besar iris-iris
– Cabe rawit (optional) iris-iris
– garam
– Gula
– Saus tiram
– Kecap manis
Cara membuat:
– Tumis bumbu yang sudah diiris-iris
– Masukkan semua bahan
– Beri air, tunggu sampai matang
– Menjelang matang, masukkan gula, garam, saus tiram, dan kecap manis
– Angkat dan siap dihidangkan

GULE IKAN TONGKOL DENGAN KEMANGI


Di Malang lagi dingin banget, jadi masaknya bikin yang agak hangat, gak sayur bening kayak biasanya. Kali ini aku membuat gule ikan tongkol, kebetulan waktu ke pasar kemaren dapet ikan tongkol segar. Setelah buka-buka kitab masakan, nemulah resep ini
image
Bahan:
– Ikan tongkol 1 kg
– Kemangi 1 ikat, ambil daunnya
– Blimbing wuluh 4 buah dibelah dua
– Daun jeruk 4 lembar
– Sere 2 buah digeprak
– Laos 3 cm, digeprak
– Santan kental 1 liter
Bumbu dihaluskan:
– 4 butir Bawang merah
– 4 siung bawang putih
– 3 cm jahe
– 3 cm kunyit
– Cabe merah 4 buah
– Garam
– Gula
Cara membuat:
– Tumis bumbu halus sebentar
– Masukkan bumbu daun jeruk, sere, laos
– masukkan santan
– Masukkan belimbing wuluh
– masukkan ikan tongkol
– Kecilkan api dan masak sampai kuah mengental dan berminyak
– Masukkan kemangi
– Siap dihidangkan bersama nasi hangat

SUP OYONG BAKSO SOUN


Sup oyong bakso soun ini sangat segar untuk berbuka puasa, membuanya juga tidak membutuhkan waktu lama.  Berikut ini bahan dan cara membuatnya
image
Bahan:
–  1 buah oyong, kupas, potong-potong dan cuci bersih
– 1 buah soun (50gr), rendam dalam air panas
– 10 buah bakso, iris iris
– 2 siung bawang putih
– 2 butir bawang merah
– merica halus, garam, gula
Cara membuat:
– geprak bawang putih dan bawang merah, rajang, kemudian tumis dengan sedikit minyak sampai harum
– beri air, biarkan mendidih
– setelah air mendidih masukkan oyong dan bakso
– setelah oyong matang beri garam, gula, dan merica halus
– terakhir masukkan soun yang sudah direndam di air

CHICKEN KATSU ALA HOKBEN


Salah satu lauk yang cocok dengan sop oyong soun adalah chicken katsu. Kalaupun nggak ada sayur bisa langsung dimakan bersama saos tomat atau sambal. Berikut ini resep dan cara membuatnya.
image
Bahan:
4 pt besar filet dada ayam
2 btr telur ayam
30 ml susu cair
1 sm air jeruk lemon
3sm gr tepung terigu
¼ st merica bubuk
1 st garam halus
1 st saus tiram
tepung roti/tepung panir yang kasar

Cara membuat:

1. pukul-pukul daging ayam dengan pemukul daging agar empuk dan pipih
2. beri bumbu2 : merica, garam, saus tiram dan air jeruk lemon, ratakan dan diamkan sampai bumbu meresap
3. campur jadi satu telur dan susu
4. lumuri daging dalam terigu kering, celupkan ke dlm campuran telur susu, lalu gulingkan pada tepung roti kasar.
5. Diamkan dahulu beberapa saat di lemari es agar tepung rotinya lebih menempel. kalo untuk puasa gini, kita siapkan yang sudah diberi tepung panir. sore harinya tinggal menggoreng.
6. goreng dengan api sedang sampai kuning keemasan

BAKMIE GORENG BAKSO


Anakku penggemar berat bakmie goreng, makanya sampai hari kesebelas puasa ini aku sudah membuat mie goreng dua kali :) Dan kalo sudah dibikinin mie goreng harus ada temannya yaitu ayam goreng. Untungnya aku hampir selalu sedia ayam yang sudah diungkep, buat persediaan selama dua atau tiga hari, jaga2 kalo anak2 males makan dengan menu yang ada. Berikut resep mie goreng favorit anak2

image
Bahan: Baca lebih lanjut

IKAN BELANAK ASAM PADEH


Beberapa waktu lalu aku beli ikan belanak di pasar. Aku belum pernah masak ikan belanak sebelumnya, tapi karena si penjual mengatakan bahwa ikan ini enak banget, maka tertariklah aku untuk membelinya. Sesampai di rumah bingung mau diapakan. Akhirnya, setelah mencari-cari resep yang pas untuk mengolah ikan belanak itu, aku menemukan satu resep di buku kitab masakanku yang mungkin enak, karena di resep nggak ada gambarnya yaitu..belanak asam padeh..masakan khas aceh. Dan apa kata keluargaku..uenak..jadi kapan2 kalo nemu ikan belanak lagi..saya gak akan ragu untuk mengulanginya :) Berikut resep dan cara membuatnya:

IMG_20140427_165421
Baca lebih lanjut