PIE SUSU


Anak anakku suka sekali makan pie susu yang Dari Bali. Iseng iseng nyari resep di  Internet dan akhirnya dapet resep Yang pas..dengan tambahan sana sini :)

IMG_20140406_144353

 

Bahan kulit pie

- mentega blue band butter 200 gr

- tepung terigu 250 gr

- telur 1 butir

Bahan Isi

- Telur 4 butir

- susu kental manis 1 kaleng

- air 1 kaleng ukuran susu

- 4 sm tepung maizena

Cara membuat

Kulit : campur semua bahan kulit

Isi : campur semua bahan

Ambil adonan kulit..bentuk cetak..kalo sudah selesai Dan siap dioven beri isi.

Selanjutnya panggang selama 50 men it dg api 160 derajat.

 

 

PUDING SILKY


Resep ini juga dapet dari temanku..Mbak Arifah namanya..Resepnya gampang Dan dijamin anak2 pasti suka..namanya pudding silky

IMG_20140330_115758

Bahan

- 1 bungkus pudding susu nutrijell rasa apa saja

IMG_20140416_185602

- air 1250 ml

- gula 7 sm

- 1 kaleng susu evaporated

Caranya

- masak pudding susu bersama air dan gula sampai mendidih

- Matikan api..kemudian masukkan susu evaporasi Dan aduk hingga rata

- cetak Dan setelah dingin siap dinikmati

 

PUDING SINGKONG


Resep ini aku dapat dari teman yang jago banget bikin kue..bahannya mudah..hanya singkong dan santan. Lengkapnya ini:

Bahan pudding

Singkong 1 kg..kupas dan potong kecil-kecil.

Gula 150 gr

Garam 1 st

Air kurang lebih 1 liter

Topping

Santan 250 gr

maizena 1 sm

Garam 1 st

Cara membuat: – campur singkong, gula, garam, air masak sampai lembut – santan dan maizena masak sampai mendidih – ambil cetakan, isi sampai hampir penuh dan siram dengan toping..biarkan – nikmat juga untuk dikonsumsi dalam keadaan dingin IMG_20140416_052732 IMG_20140416_052711 Selamat mencoba :)

PENYET IWAK PE


Ada yang tahu iwak pe..bahasa indonesianya ikan pari kalo gak salah. Ini ikan yang kalo dijual di pasar sudah diasap mungkin sehingga baunya khas banget. Ada yang bilang baunya gak enak..tapi menurutku bau ikan ini sangat menggoda..menggoda dan merangsang nafsu makan :)

Beberapa hari yang lalu kebetulan tetanggaku ngasih beberapa ikan ini. Biasanya ikan ini tak masak bumbu mangut yang pedes.. dicampur dengan tahu, tempe atau tempe kacang. Tapi kali ini lebih praktis..ikannya cukup tak goreng dan dipenyet dengan sambel terasi. Bener  2 nikmatt banget..tinggal dimakan bersama nasi hangat dan lalapan.

Sambal terasinya hanya terdiri atas cabe merah, cabe rawit, dan tomat yang digoreng sebentar. Setelah itu diuleg bersama gula merah, garam dan terasi. Udah deh siap.. silahkan dicoba

DSC_0018

LASAGNA


Lasagna adalah salah satu makanan favorit anak anakku..gak tahu kenapa mereka suka banget. mumpung punya banyak keju mozzarela yang kubeli waktu acara bareng teman kantor, maka senin kemaren aku sempatin buatin lasagna. Awalnya rencana mau buatin pizza, roti pizzanya juga sudah kubeli, tapi karena mozzarella nya banyak banget, ya udah sekalian aja praktik membuat lasagna..dan inilah resepnya, muah2an bermanfaat :)

Adonan filling daging

  • 350 gram daging sapi cincang
  • 1/2 kg tomat diparut
  • 150 gr wortel, potong kotak kecil
  • 1 buah bawang bombay, cincang
  • 1 siung bawang putih
  • 300 ml kaldu daging
  • 25 gram mentega
  • garam, lada, dan gula
  • daun oregano (optional), aku pake dikit

Cara membuat:

- tumis bawang bombay dan bawang putih, masukkan wortel dan daging kemudian tambahkan kaldu daging

-tambahkan air sedikit, masak hingga semua matang dan berkurang airnya, tambahkan garam, gula, dan lada, oregano, sisihkan

ini penampakan filling dagingnya

image

Membuat saus putih:

  • 500 ml susu cair, saya pake ultra plain
  • 25 gram mentega
  • 50 gram tepung terigu
  • 50 gr keju cheddar parut
  • 50 gr keju mozzarela
  • 1 sendok teh lada
  • garam sedikit aja

Cara membuat:

- tumis mentega hingga cair, tambahkan terigu. aduk terus hingga rata.

- masukkan susu sedikit demi sedikit, aduk terus agar tidak menggumpal

- tunggu hingga meletup letup dan mengental. masukkan semua keju parut. sisihkan

ini penampakannya

image

selanjutnya, siapkan lasagna, kemaren lasagna nya tak rebus sebentar, kira kira 2 menit, sisihkan. oiya lasagna nya aku pake merk san remo..

image

Setelah siap semua, mulai kita susun, paling bawah lasagna, fiiling daging, kemudian siram dengan saus putihnya. susunan ini bisa diulang sampai penuh. paling atas diberi parutan keju cheddar. seperti ini hasil ya sebelum dioven.

image

image

selanjutnya oven selama 30 menit dg suhu 180 derajat..

Nah setelah  jadi, inilah hasilnya.. silahkan mencoba

image

anak-anak dah minta dibuatn lagi besok..mudah2an besok sempat belanja dan bikin lagi.. :)

TONGSENG


IMG_20131015_171305

 

Sebenernya kemaren sudah sempat motretin step by stepnya, tetapi karena internetnya begitu lemot maka terpaksa yang bisa teruplot hanya satu.

Karena masih dalam rangka Idul Adha, maka kali ini saya akan menampilkan resep tongseng kambing..:)

Bahan dan bumbu:

- Daging kambing diiris-iris, cuci bersih

- Bawang merah, bawang putih, cabe merah diiris-iris tipis

- Minyak goreng untuk menumis

- Garam, gula manis, kecap manis, lada putih bubuk

- Tomat

- Daun kol

Cara membuat:

- Panaskan minyak untuk menumis bumbu

- Tumis bawang merah, bawang putih, dan Cabe merah yang sudah diiris-iris

- Setelah harum masukkan daging kambing yang sudah dipotong-potong

- Setelah daging berubah warna, beri air dan tunggu sampai mendidih

- Setelah air mendidih, tambahkan kecap manis, gula, garam, dan lada bubuk

- Biarkan sampai air berkurang dan daging empuk

- Terakhir setelah daging empuk masukkan daun kol dan tomat yang sudah diiris-iris.

- setelah itu angkat dan siap disantap

 

PUTRI SALJU


Masih dalam rangka ngasih kegiatan sabrina yang lagi liburan..he..he..hari ini kita membuat putri salju, setelah nyari2 di internet, akhirnya nemulah resep dari salah satu blog yaitu diaryinspirasi.blogspot.com yang lumayan gampang resepnya..dengan sedikit modif, inilah hasilnya

putri salju

Bahan:

200 gr terigu
125 gr margarin (aku pake blue band)

50 gr butter

50 gr keju parut

3 sdm susu bubuk full cream
Gula donat untuk taburan

Cara membuat:

Kocok margarine dan butter sebentar, tambahkan keju parut dan susu full cream. Jangan terlalu lama, asal tercampur aja

Masukkan tepung, sedikit demi sedikit. Aduk dengan sendok kayu atau plastik sampai rata

Siap dicetak, saya pake cetakan bentuk hati.

Setelah dicetak, dioven selama kurang lebih 20 menit dengan api 150 derajat

Setelah kuning keemasan, letakkan di wadah plastik dan taburi dengan gula donat.

Bisa disimpan dalam toples yang kering..selamat mencoba :)

BALI TAHU DAN TELUR


image

Bahan:

Telur rebus 5 butir

Tahu putih, goreng setengah matang

Bumbu

Bawang merah, bawang putih,cabe merah besar, garam, gula, dan kecap manis

Cara membuat:

- haluskan bmbu, tumis dengan minyak sedikit sampai harum

- masukkan tahu dan telur rebus, tambahkan air

- beri garam, gula, dan kecap manis secukupnya

- biarkan agak berkurang airnya dan mengental

- angkat dan hidangkan

Bisa dinikmati dengan sayur sop atau oseng sayuran

SEMUR CEKER


foto (1)
kalo resep yang ini lebih cepet masaknya, gak sampai setengah jam udah mateng, dengan catatan cekernya sudah dipresto..
BAHAN:
- Ceker 1/2 kg
- Bawang putih 3 siung
- Bawang merah 2 siung
- Tomat 1 buah
- Garam, gula, lada hitam
- Kecap
CARA MEMBUAT:
- Ceker dicuci bersih, masukkan ke panci presto kemudian beri air mendidih, kemudian masak dengan panci presto selama 10 menit
- Setelah mendidih ditiriskan dan airnya dibuang
- Bawang merah dan bawang putih diiris-iris
- Tumis dengan minyak sedikit
- Setelah harum masukkan ceker dan beri air
- Beri kecap, gula, garam, dan lada hitam
- Jika sudah matang dan air mendidih beri irisan tomat
- Angkat dan hidangkan

CEKER PEDAS


lagi seneng banget makan ceker nih..pagi ini ke pasar trus beli ceker 1 kilo.. :) mau tak bagi dua masaknya..satu dimasak pedes..satu lagi dimasak semur buat sabrina yang gak suka pedes..
Ini resep yang pertama..
foto
BAHAN:
- Ceker 3/4 kg
- Bawang putih 7 siung
- Bawang merah 3 siung
- Cabe merah besar 3 buah
- Cabe rawit 15 buah (sesuai selera)
- Garam, gula, kecap, merica
- Kecap sedikit
- Serai 1 buah
- Daun jeruk 3 lembar
CARA MEMBUAT:
- Ceker dicuci bersih, masukkan ke panci presto kemudian beri air mendidih, kemudian masak dengan panci presto selama 10 menit
- Setelah mendidih ditiriskan dan airnya dibuang
- Haluskan bawang putih, bawang merah, cabe merah dan cabe rawit
- Tumis bumbu halus dengan minyak goreng secukupnya
- Tambahkan serai yang digeprak dan daun jeruk
- Jika sudah harum masukkan ceker yang sudah ditiriskan tadi, beri air, masak sampai mendidih
- Tambahkan garam, gula, dan merica. Sedikit kecap
- Masak hingga bumbu meresap ke cekernya
- Angkat dan hidangkan dengan nasi hangat