PECEL TEMPE


Resep gampang ini aku peroleh dari temenku pas lagi ngobrol di grup wa. Berawal dari saling berbagi info masakan hari ini akhirnya kami saling bertukar resep dan aku dapet resep ini. Karena membuatnya sangat cepat dan gampang, maka kuputuskan resep ini menjadi salah satu resep favoritku.. :) Nama masakannya adalah Pecel tempe. Tidak seperti pada umumnya pecel, pecel ini tidak menggunakan bumbu kacang, tapi menggunakan kemiri dan santan.
Berikut ini bahan dan cara membuatnya
IMG_20141211_051139
Bahan:
– Tempe kukus 3 potong
– Telur rebus 2 butir
Bumbu:
– Bawang putih 2 siung
– Kencur 1 cm
– Daun jeruk 3 lembar
– Kemiri 2 butir
– Garam
– Gula
– Santan kental 4 sm
Cara membuat
– Haluskan bumbu
– Masukkan santan kental
– Masukkan tempe
– Masak sebentar di atas api kecil
– Siram di atas telur rebus
– Hidangkan

DADAR TERI NASI DAN SAYUR BENING


Beberapa kali masak ini..ternyata belum pernah posting resep ini. Ini masakan super duper gampang. Cocok buat yang baru belajar masak. Ini salah satu masakan yang sering banget tak masak di awal menikah..ya karena saking gampangnya. Masakan ini bisa buat sarapan dan makan siang..tinggal tambahin sambel terasi. Si sabrina seneng banget masakan ini..karena seger dan banyak kuahnya.
Ini sayurnya dulu ya..
IMG_20141129_074816
Bahan
-Kacang panjang
-Tomat
Bumbu :
– Bawang merah dirajang
– Lengkuas digeprak
– Garam dan gula
Cara membuat:
– Rebus air sampai mendidih
– Masukkan kacang dan bawang merah iris
– Masukkan lengkuas
– Jika kacang sudah empuk masukkan garam, gula dan tomat
– siap dihidangkan

Nah..sekarang tinggal kita buat dadar teri nasinya
IMG_20141129_071008
Bahan:
– Teri nasi 1/4 kg
– Telur 2 butir
– 1 siung bawang putih dicincang halus
– Garam 1 st
– Tepung 1 sm
Cara membuat:
– Campur semua jadi satu
– Goreng sesendok demi sesendok sampai kuning kecoklatan
– Hidangkan

FRITTATA


Pagi ini aku akan membagikan resep yang gampang, cepat menyiapkannya dan tentu saja kaya gizi. Nama masakannya adalah frittata. Frittata ini kubuat untuk memenuhi keinginan anak-anakku yang lebih suka sarapannya selain nasi. Hehe..keinginan orang tua dan anak-anak memang sering tidak nyambung. Aku masih beranggapan bahwa namanya makan, entah makan pagi, siang atau malam idealnya ya nasi. Maklum..wong jowo, belum makan kalo belum nasi :). Sementara anak2 kalo bisa bukan nasi. Nasinya buat bekal sekolah aja, buat makan siang. Ya, akhirnya gini nih, harus sering hunting resep yang cepet, tapi juga memenuhi kebutuhan gizi mereka. Frittata ini salah satunya. Mari kita simak sodara-sodara.
IMG_20141126_052501
Bahan:
– Kentang 100 gr, potong kotak, kemudian kukus sampai empuk
– Telur 4 buah
– Susu cair (aku pake UHT) plain 75 cc
– Keju cheddar 50 gr, parut
– Wortel sedikit aja, parut kasar (di gambar ini wortelnya tak parut pake parutan keju..hehe..biar gak banyak perabot kotor)
– Garam 1 st
– Gula 1/4 st
– Merica halus 1/2 st

Cara membuat:
– Semua bahan dicampur jadi satu
– Panaskan penggorengan, beri minyak zaitun 1 sm
– Ratakan minyak
– Masukkan adonan
– masak dengan api kecil sampai matang. bisa juga dioven, mungkin akan jadi lebih bagus jadinya kalo dioven. ini karena males ngoven, jadi pake penggorengan aja.
– Setelah matang dihidangkan dengan sambal botol

FROREO (OREO GORENG)


Sebenarnya sudah lama pingin bikin oreo goreng..tapi selalu kalah dengan resep lain karena anak2ku pada dasarnya kurang suka makanan manis. Kemaren kebetulan ada teman yang posting di facebook..akhirnya coba deh pagi ini aku bikin. Gampang banget kok buatnya..anti gagal juga bagi mereka yang jarang main ke dapur :)
IMG_20141119_052813
Bahan:
– 2 bungkus oreo, masukkan freezer selama minimal 1 jam
– Tepung terigu 150 gram
– Baking powder 1 st
– Margarine 2 sm dicairkan
– Susu cair plain 200 ml
– Telur 1 butir
Cara membuat:
– campur tepung terigu dan baking powder
– campur susu cair, telur, dan mentega cair, kocok dengan pengocok telur manual aja
– masukkan larutan susu ke dalam campuran tepung, aduk rata
– masukkan oreo satu per satu dalam adonan tepung dan goreng dengan minyak panas dan api sedang
Siap dihidangkan

DADAR TELUR PADANG


Nofal beberapa hari ini minta telur dadar padang yang ada di rumah makan padang langganan. Entah karena emang belinya kesiangan atau karena penggemar telur dadar banyak, setiap kali ke sana selalu sudah habis. Sore ini, untuk mengobati keinginan, aku nyoba buatin sendiri. Dari beberapa resep yang tak baca rata2 pake tepung beras dan kelapa parut. Karena sudah sore dan hujan lumayan deras, akhirnya aku nyoba buat dengan bahan yang ada di rumah. Alhamdulilah, ketika udah jadi, mantep kata nofal, sahur nanti malam minta dibuatkan lagi :) Sabrina yang biasanya kurang suka telur dadar juga doyan. Besok buat bekal sekolah juga boleh katanya. Walaupun menurut anak2 sudah enak, Menurutku kurang gurih sedikit, mungkin kalo bikin lagi mau tak tambah gula. Berikut ini resep dan cara membuatnya

IMG_20141117_032749

image
Bahan:
– Telur 3 butir
– Daun bawang prei iris halus
Bumbu :
– bawang putih 2 siung
– bawang merah 3 butir
– cabe merah besar 1 buah
– garam
– merica halus
– gula pasir
image
Cara membuat:
– Blender bumbu bersama 1 butir telur sampai agak mengembang
– Tuang ke wadah dan kemudian masukkan telur yang lain dan kocok sampai tercampur rata
– Masukkan irisan daun bawang pre
– Panaskan penggorengan, beri 2 sm minyak goreng
– masukkan adonan telur
– masak dengan api sangat kecil biar gak cepet gosong
– kalo sisi bawah sudah matang balik untuk mematangkan sisi satunya, setelah matang hidangkan dengan nasi hangat
image

PERKEDEL TAHU PEDAS


Ini resep mendadak, gara-gara masak chicken stripes buat anak2, tepung bumbunya masih banyak. Daripada dibuang mending tak campurkan dengan tahu, daun bawang, dan dibumbui pedes :)
Berikut ini resepnya:
Bahan:
– Tahu putih 1 kotak kecil dihaluskan
– beri 1 sm tepung bumbu dan 1 sm maizena
– haluskan bumbu yang terdiri atas bawang putih, merica, garam, gula, dan cabe rawit (cabenya bebas, di sini aku kasih 3)
– Campur bumbu ke dalam adonan
– daun bawang diiris halus dan campurkan ke adonan
– tambahan telur 1 butir, aduk rata
– goreng dengan minyak panas dan api sedang
Lumayan cepet sih masaknya, jadi cocok untuk pagi hari
IMG_20141113_051420

PANCAKE OATMEAL


Masih lanjutan seri oatmeal, beberapa hari yang lalu aku buat pancake oatmeal, biar oatmealnya cepet habis :) Alhamdulilah rasanya enak..langsung ludes buat sarapan dan bekal anak-anak sekolah
Berikut ini bahan dan cara membuatnya
BAHAN:
50 gram tepung terigu
80 gram tepung quaker (quaker oats dihaluskan)
50 gram susu bubuk
1 sm gram gula pasir
2 sm susu kental manis dicairkan dengan 180 cc air
2 sm gram margarin, cairkan dan dinginkan
1 butir telur ayam, dikocok
1 sendok makan baking powder
IMG_20141111_052703
CARA MEMBUAT:
– Campur semua bahan kering
– Masukkan telur yang sudah dikocok
– Tambahkan larutan susu
– Aduk rata
– Terakhir masukkan margarine cair
– Panaskan teflon
– Buat dadar seukuran satu sendok sayur
– Jika bagian atas sudah berlubang-lubang, balik, jika sudah matang angkat
– Bisa dihidangkan bersama madu, meses, atau coklat
IMG_20141111_054518
IMG_20141111_054554

BRUSCHETA DAGING SAPI WORTEL KEJU


image

Tadi pagi aku bikin filling daging yang biasanya buat isi lasagna. Karena anak2 juga suka bruscheta, maka sebagian daging aku buat untuk toping bruschetanya. Kebetulan semalam memang udah rencana buat makanya roti perancisnya juga udah siap, tinggal dipotong, beri topping dan panggang. Bruscheta yg aku buat ini aku namakan bruscheta toping daging wortel keju. Berikut ini bahannya
– Roti perancis diiris miring
– Filing daging (cara membuatnya ada di resep lasagna)
– Keju mozarela (karena habis aku pakai kraft quick melt)
Cara membuat:
– tata roti yang sudah diiris di atas loyang
– beri isian daging dan wortel
– beri keju di atasnya
– oven selama 10 menit
– dinikmati hangat, bisa dihidangkan bersama saus botolan

SOSIS GORENG TEPUNG


Resep ini aku dapat di my taste indonesia. Kalo masakan yang gampang-gampang gini aku memang cocok banget. Namanya adalah sosis goreng tepung. Dari namanya saja pasti sudah terbayang bahwa masakan ini hanya terdiri atas sosis dibalut tepung. Berikut ini bahan dan cara membuatnya.
IMG_20141024_044558
Bahan:
– Sosis Bernardi 4 buah..iris serong
– Telur 1 butir
– Tepung bumbu secukupnya
Cara membuat:
– Masukkan sosis yang sudah dipotong-potong ke dalam kocokan telur
– Kemudian masukkan sosis ke dalam tepung bumbu
– Goreng dalam minyak sedang
– Hidangkan dengan sambal botol atau saus botolan