RESEP PRAKTIS

All posts in the RESEP PRAKTIS category

BISTIK DAGING DAN WORTEL

Published September 24, 2014 by fatimah kelik

Masakan ini bisa siap hanya dalam waktu kurang dari setengah jam, dengan catatan masaknya menggunakan panci presto :) Cocok untuk ibu-ibu yang selalu menyiapkan sarapan untuk anak-anak di pagi hari sekalian buat bekal makan siang.
Bahan:
– Daging 1/4 kg, iris-iris
– Wortel 1 buah, potong kotak-kotak
– Telur
Bumbu Halus:
– Bawang putih 3 siung
– Kemiri 3 buah
– Garam
– Gula putih
– Merica
– Pala
– Kecap manis
Bumbu lainnya:
Bawang bombay
IMG_20140924_051147
Cara membuat:
1. Haluskan bumbu, campur dengan daging dan wortel
2. Masukkan ke dala panci presto
3. Tambahkan air
4. Tambahkan kecap manis
5. Tutup panci presto dan masak daging selama 15 menit (tergantung pancinya)
6. Jika sudah, tumis bawang bombay sampai layu, masukkan daging yang sudah dipresto, masak sampai mendidih
7. Ketika sudah mendidih, masukkan telur dan aduk-aduk. telur akan menjadi serabut-serabut dan sekaligus bisa sebagai pengental kuah bistiknya
8. Angkat dan siap dihidangkan dengan kentang atau nasi
IMG_20140924_051119

ES KACANG MERAH

Published September 23, 2014 by fatimah kelik

Kemaren hari senin kebetulan aku, mas kelik dan nofal puasa, sabrina aja yang nggak puasa. Aku pingin nyoba buat sesuatu yang lain dari yang lain, hehe. Enggak lain sih, cuman karena sebelumnya belum pernah buat, jadinya lain :) Aku coba buat es kacang merah. Sebenarnya aku gak doyan kacang merah, kalo ada sop yang dikasih kacang merah, gak pernah tak makan, tapi karena beberapa hari yang lalu temanku ada yang cerita bikin es kacang merah, jadi pingin nyoba juga. Hasilnya…top..walaupun kurang empuk dikit, tapi lumayanlah sebagai awal
IMG_20140922_174723
Bahan:
1. Kacang merah 250 gr, dicuci, direndam sampai empuk
2. Gula pasir 5 sm
3. Gula merah 4 sm
4. Coklat bubuk van houten 1 sm, disairkan dengan 100 ml air
5. Vanili 1/2 st
6. Santan kental 300 cc
7. Maizena 1 sm, dicairkan dengan air 3 sm
8. Garam 1/2 st
9. Susu kental manis
10. Es batu
Cara membuat:
1. Rebus kacang yang sudah direndam sampai benar2 empuk, airnya kurang lebih 1,5 liter
2. Setelah kacang merah empuk masukkan gula pasir, gula merah, larutan coklat bubuk, dan vanili
3. Masak sampai airnya menyusut dan mengental, sisihkan
4. Buat kuah santannya dengan cara masak santan di atas api kecil, masukkan larutan maizena dan garam Masak sampai mendidih
IMG_20140922_173652
5. Cara penyajian: ambil sedikit kacang merah, tambah dengan santan, serutan es batu, susu. Boleh menggunakan es batu blok ditambah air putih sedikit. Kalau kurang manis boleh ditambah susu kental manis atau sirup gula. Cara membuat sirup gula ada di resep membuat es teler
IMG_20140922_173726
Selamat menikmati

LODHO AYAM KAMPUNG

Published September 15, 2014 by fatimah kelik

Ayam lodho adalah masakan khas tulungagung yang enak sekali dinikmati bersama urap sayuran. Resep aslinya seharusnya ayam ini dibumbu pedhes, tapi karena anakku juga suka, maka aku masaknya hanya pake cabe merah besar, tanpa cabe rawit. Santannya juga aku gak ngasih yang kental biar nggak eneg.
Berikut ini bahan dan cara membuatnya:
DSC_0661
Bumbu Halus:
Bawang merah
Bawang putih
Merica
Ketumbar
Jahe
Kencur
Kunyit
Lengkuas
Kemiri
Bumbu tidak halus
Air asam
Daun jeruk purut
Daun salam
Garam
Gula

Cara membuat :
1. Rebus ayam. Karena aku pake ayam kampung, maka ayamnya tak presto biar cepet empuknya. Ambil air kaldu nya. Sisihkan.
2. Tumis bumbu yang telah dihaluskan.
3. Masukan ayam ke bumbu sambil aduk2 dan beri daun salam, daun jeruk dan air asam
4. Masukkan air kaldu rebusan ayam tadi.
5. Biarkan sampai bumbu nya meresap.
6. Jika sudah siap disajikan dengan taburan bawang merah goreng

pelengkapnya..urap sayuran :)
DSC_0659

OSENG MENJES

Published September 15, 2014 by fatimah kelik

Sudah lama sebenernya aku mau share resep ini..hari ini baru sempat. Nama masakannya oseng menjes, bahannya memang dari menjes, gak bergizi memang, tapi enak hehehe. Nah agar sedikit ada gizinya ditambahin udang kupas, sedikit aja gak perlu banyak-banyak. Selanjutnya marilah kita lihat bahan dan cara membuatnya:
DSC_0658
Bahan:
1. Menjes dipotong kotak memanjang, rebus dulu dan buang airnya
2. Udang 100 gr, kupas dan cuci bersih
3. Bumbu: bawang merah, bawang putih, cabe rawit diiris iris
4. Bumbu lain :Kecap manis, garam, gula, saus tiram
Cara membuat:
1. Tumis bumbu iris sampai harum, masukkan udang dan menjes
2. Beri air secukupnya
3. Masukkan semua bumbu lain, garam, gula, kecap manis dan saus tiram
4. tunggu sampai meresap dan air hampir habis
5. Angkat dan hidangkan

ES TELER

Published September 1, 2014 by fatimah kelik

Es teler adalah salah satu favoritku karena rasa yang mantap dan segar. Dulu aku sering sekali membuat es teler sendiri, tapi kalau sekarang jarang. Nah pas puasa beberapa waktu lalu kebetulan nangka depan rumah mateng, karena nangka adalah salah satu komponen isi es teler, maka aku manfaatkanlah si nangka untuk membuat es teler..walaupun bahan tambahannya lebih banyak ..hehe..
IMG_20140727_171705_1
Untuk menyiapkan es teler, yang lebih dulu dibuat adalah sirupnya. Sirupnya sebenarnya hanya sirup gula tanpa campuran apapun. Untuk membuat sirup gula, kita hanya perlu merebus air dan gula sampai mendidih dan kental. Jangan lupa memasukkan putih telur pada saat merebus karena putih telur ini akan mengikat kotoran gula sehingga sirup akan tampak lebih bening dan bersih.
Selengkpanya bahan yang dibutuhkan yaitu
1. Sirup gula
2. Nangka potong kotak-kotak kecil
3. Kelapa muda dikerok memanjang
4. Agar-agar warna merah, dimasak dan dipotong kotak-kotak
5. Alpukat, dikerok
6. Santan, dimasak jangan sampai pecah
7. Susu kental manis
8. Es batu
Cara penyajian:
Campur semua bahan menjadi satu, dan siap dinikmati

OSENG CAMPUR-CAMPUR

Published Juli 18, 2014 by fatimah kelik

Anakku si nofal masih pondok romadhon, itulah kenapa sampe kemaren masih males banget masak :) Pulang dari kantor aku buka kulkas dan nemu bakso, jamur, kacang panjang (sisa pas masak sayur asem), dan tempe semangit. Kayaknya sih cocok buat oseng-oseng, apalagi tempenya semangit, favorit suami. Maka mulailah aku masak bahan-bahan tersebut dan jadilah ini
IMG_20140717_171201
Bahan:
– Kacang panjang, potong2
– Bakso, iris-iris
– Jamur, cuci bersih kemudian rebus dan buang airnya dan dicuci sekali lagi agar tidak berbau
– Tempe semangit, potong-potong kotak
Bumbu:
– Bawang putih 2 siung diiris-iris
– Bawang merah 2 butir diiris-iris
– Cabe merah besar iris-iris
– Cabe rawit (optional) iris-iris
– garam
– Gula
– Saus tiram
– Kecap manis
Cara membuat:
– Tumis bumbu yang sudah diiris-iris
– Masukkan semua bahan
– Beri air, tunggu sampai matang
– Menjelang matang, masukkan gula, garam, saus tiram, dan kecap manis
– Angkat dan siap dihidangkan

GULE IKAN TONGKOL DENGAN KEMANGI

Published Juli 18, 2014 by fatimah kelik

Di Malang lagi dingin banget, jadi masaknya bikin yang agak hangat, gak sayur bening kayak biasanya. Kali ini aku membuat gule ikan tongkol, kebetulan waktu ke pasar kemaren dapet ikan tongkol segar. Setelah buka-buka kitab masakan, nemulah resep ini
image
Bahan:
– Ikan tongkol 1 kg
– Kemangi 1 ikat, ambil daunnya
– Blimbing wuluh 4 buah dibelah dua
– Daun jeruk 4 lembar
– Sere 2 buah digeprak
– Laos 3 cm, digeprak
– Santan kental 1 liter
Bumbu dihaluskan:
– 4 butir Bawang merah
– 4 siung bawang putih
– 3 cm jahe
– 3 cm kunyit
– Cabe merah 4 buah
– Garam
– Gula
Cara membuat:
– Tumis bumbu halus sebentar
– Masukkan bumbu daun jeruk, sere, laos
– masukkan santan
– Masukkan belimbing wuluh
– masukkan ikan tongkol
– Kecilkan api dan masak sampai kuah mengental dan berminyak
– Masukkan kemangi
– Siap dihidangkan bersama nasi hangat

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 36 pengikut lainnya.