DOA UNTUK ANAK-ANAKKU …


Waktu yang ditunggu telah tiba, hari ini sampai hari Kamis besok anakku yang pertama menjalani Ujian Nasional SD. Mungkin seperti inilah perasaan orang tuaku ketika dulu aku dan adikku menjalani ujian di sekolah. Perasaan campur aduk, antara cemas, berusaha tenang, deg-degan. Babak baru dalam hidup anakku baru akan dimulai, perjuangan mereka tidak berhenti sampai disini. Akan banyak lagi perjuangan bagi mereka dalam mengarungi hidup ini. Hari ini dimulai babak baru bagi anakku untuk mengerti makna dari ikhtiar. Berikhtiar dengan cara mempersiapkan diri menghadapi ujian, dan ikhtiar dengan cara berdoa untuk memohon ridlo dari Allah agar diberi kemudahan dalam memperoleh apa yang dicita-citakan. Jika apa yang kita dapatkan tidak sesuai dengan harapan, maka yakinlah bahwa semua itu adalah yang terbaik dari Allah untuk kita.
Hal ini yang selalu aku tanamkan kepada anak-anak bahwa apa yang kita inginkan belum tentu yang terbaik untuk kita. Allah maha tahu apa yang terbaik untuk kita. Aku memberi contoh kepada mereka mengenai pengalaman hidupku sendiri. Aku bilang ke mereka..Dulu aku ingin sekali kuliah di ITB. Lulus SMA aku memilih jurusan Teknik Kimia dan Elektro sebagai pilihan pertama dan keduaku. Ibuku menyarankan aku memilih satu lagi jurusan untuk kuliah di Malang. Akhirnya dengan berat hati aku memilih akuntansi, dengan harapan aku tidak diterima karena aku tahu akuntansi kan banyak saingan.. :) Tapi nasib berkata lain, doa orang tua ternyata lebih manjur karena ternyata ketika pengumuman UMPTN aku dinyatakan lulus untuk jurusan yang sebelumnya tidak pernah kubayangkan… AKUNTANSI. Tapi apa yang terjadi sekarang? Mungkin kalau aku tidak kuliah di Akuntansi, aku tidak bisa bekerja di Departemen Keuangan. Kalau aku tidak kuliah di akuntansi mungkin aku tidak akan ketemu suamiku sekarang..orang paling sabar yang pernah kukenal… :) Banyak hal yang membuatku yakin bahwa apa yang kita inginkan belum tentu yang terbaik untuk kita. Kita tidak boleh berhenti berusaha, tapi mari kita serahkan hasilnya kepada Allah Yang Maha Kuasa atas segala sesuatu. Nasehat ini juga yang aku berikan kepada Nofal ketika hari Minggu kemaren dia menjalani test di MTsN, sekolah yang dia inginkan dengan saingan pendaftar yang begitu banyak. Aku bilang ke nofal kita harus berusaha sama-sama fal, mama usahanya dengan berdoa dan kamu selain berdoa juga belajar. Tapi seandainya besok tidak bisa masuk kesitu, itu berarti yang terbaik buat kamu tidak disitu. Yang terpenting adalah kita sudah mencoba dan berusaha, hasilnya kita serahkan pada Allah..untungnya sih dia ngerti.
Sebagai orang tua Doa tidak putus-putusnya aku panjatkan kepada-Mu ya Allah.
Berikanlah selalu yang terbaik untuk anak-anakku ya Allah. Jadikanlah mereka anak-anak yang sholeh dan sholihah. Bimbinglah mereka agar selalu berada di jalan-Mu. Jadikanlah mereka anak-anak yang kuat yang tidak mudah terpengaruh hal-hal yang buruk. Bimbinglah hambamu ini dalam mendidik mereka ya Allah. Apapun yang Engkau berikan, itu adalah yang terbaik untukku. Aku pasrahkan semuanya hanya kepada-Mu ya Allah..semoga Engkau selalu mendengar doaku…amin.. mungkin Doa ini juga yang selalu dipanjatkan oleh orang tuaku untuk anak-anaknya.. semoga Allah mengabulkan semua doa ibu untuk anak-anaknya.. amin

(untuk anakku Nofal yang sedang ujian, semoga diberi kemudahan..amin)

Tinggalkan Balasan

